1.800 cc Darah Mengalir dari KDD Riau Kompleks PT.RAPP

489 views

PANGKALAN KERINCI – Keluarga Donor Darah (KDD) Riau Kompleks PT. Riau Andalan Pulp And Paper (PT.RAPP) bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia Unit Transfusi Darah Cabang (UTDC) Kota Pekanbaru dan UTDC Kabupaten Pelalawan melakukan Donor Darah Massal ke-20, di Hotel Unigraha Pangkalan Kerinci, Sabtu (21/). 

Kegiatan ini merupakan agenda rutin tiga bulanan KDD Riau Kompleks PT.RAPP yang kali ini mengangkat thema ”Dengan Donor Darah Kita Bantu Sesama”.

Dalam kegiatan tersebut, selain menggandeng IWARA (Ikatan Wanita Riau Andalan) PT.RAPP, KDD Riau Kompleks juga mengajak sejumlah instansi antara lain, Bank Bumi Putra, Mega Insurance, Unigraha Hotel, CV.Daima, Hercules, Buckman, Telkomsel, dan Indosat.

Tim Medis PMI UTDC Pekanbaru dan Pelalawan diwakili Kepala Bagian Pelayanan PMI Pekanbaru Dr. Dian, K. Singgih mengatakan PMI menyambut baik kerja sama KDD Riau Kompleks PT.RAPP dengan UTDC PMI Cabang Pekanbaru dan Pelalawan ini.

Mereka berharap kegiatan tersebut dapat dipertahankan secara berkesinambungan sekaligus menjadikan KDD Riau Kompleks PT.RAPP menjadi ikon perusahaan yang sudah berhasil membentuk dan mengkoordinir kegiatan sosial donor darah secara rutin sekaligus menumbuhkan kesadaran untuk saling membantu sesama.

Menurut Dr.Dian, kegiatan donor darah sangat banyak manfaatnya baik untuk pendonor maupun masyarakat yang membutuhkan. Donor darah membuat sirkulasi pergantian darah dalam tubuh menjadi teratur. Sedangkan aspek sosialnya dapat membantu orang lain yang sedang membutuhkan transfusi darah.

Sejauh ini menurut Dr. Dian kegiatan donor darah seperti yang digelar KDD Riau Kompleks PT.RAPP sangat membantu mengurangi kekurangan stok darah di PMI.

“Setiap bulan PMI Pekanbaru memerlukan 2.500 sampai 3.000 kantong darah, sementara dari kegiatan donor yang ada selama ini hanya mampu mencukupi sekitar 20 persen saja. Karena itu semakin banyak kegiatan donor seperti ini, akan sangat membantu kami memenuhi kebutuhan darah,” jelasnya.

Dari kegiatan donor darah masal yang selama ini dilakukan KDD Riau Kompleks PT.RAPP setiap tiga bulanan, sekitar 1.800 cc darah telah disumbangkan ke PMI Pekanbaru dan PMI Pelalawan. Jumlah itu berasal dari kegiatan donor darah yang dilakukan setiap tiga bulanan dengan rata-rata pendonor sekitar 90 orang sejak awal hingga saat ini.

“Sebenarnya yang mendaftar hari ini untuk menjadi pendonor sekitar 180 karyawan, namun karena waktunya tidak mencukupi, yang bisa dilayani PMI hanya 163 pendonor,” ujar Ketua KDD Riau Komplek PT.RAPP, Ermansyah.

Dijelaskan Ermansyah, tradisi peduli terhadap sesama dalam bentuk donor darah massal di lingkungan Riau Kompleks PT.RAPP sudah dimulai sejak tahun 2002. Ketika itu dirintis oleh paguyuban karyawan PT.RAPP yang berasal dari Jawa dengan nama Punggawa.

“Bulan Mei 2008 silam, terbentuklah KDD (Keluarga Donor Darah) beranggotakan lintas paguyuban yang ada di Kompleks PT.RAPP. Saat ini tergabung sekitar sepuluh paguyuban dan sudah menggelar 20 kali donor darah masal,” ungkapnya.

Dalam pada itu, Employee Relations Head PT.RAPP, Elwan Jumandri, SH.., menegaskan bahwa manajemen PT.RAPP akan senantiasa mendukung setiap kegiatan positif yang dilakukan karyawan dan keluarganya.

“Hal-hal positif dan produktif yang dilakukan karyawan dan keluarganya sudah pasti akan mendapat dukungan dan apresiasi yang tinggi dari manajemen. Ini patut dicontoh bagi kegiatan-kegiatan lainnya.

Dalam kondisi perusahaan yang belum beroperasi secara optimal, ternyata KDD Riau Kompleks tetap mampu melakukan kegiatan yang sangat bernilai bagi kehidupan sosial,” ungkap Elwan.

Pada kesempatan itu Elwan menyampaikan penghargaan dan terimakasihnya kepada KDD Riau Kompleks serta seluruh panitia acara dan sponsor yang telah berpartisipasi aktif pada kegiatan donor darah masal tersebut.(ad)

Posting Terkait