10 Ribu Warga Bengkalis Ikuti Gerak Jalan Santai

403 views

BENGKALIS (RiauInfo) – Sekitar 10 ribu masyarakat Kota Bengkalis dan sekitarnya, Minggu (12/8) pagi kemarin mengikuti gerak jalan santai yang ditaja sebagai salah satu kegiatan untuk memeriahkan HUT ke-50 Provinsi Riau dan HUT ke-62 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Gerak jalan santai yang mengambil rute Jalan Sudirman, HOS Cokroaminoto-Hang Tuah, Sultan Syarif Kasim, Sudirman serta kembali finish di tempat start di lapangan Tugu Bengkalis itu, secara resmi dilepas Sekretaris Daerah H Sulaiman Zakaria.

Dari jajaran eksekutif, terlihat mendampingi pelepasan gerak jalan yang pesertanya paling banyak dari kegiatan serupa yang pernah dilakukan sebelumnya, diantaranya Asisten I H Burhanuddin, Camat Bengkalis, Kabag Pemberdayaan Perempuan Hj Syarifah Zamaniah serta Kabag Hukum dan HAM Maryansyah Oemar. Sedangkan dari anggota legislatif diantaranya Marasutan Hutasuhut.

Ditemui usai pembagian hadiah kepada para pemenangan lomba, Sulaiman menjelaskan, menjelaskan, kegiatan gerak jalan santai yang diikuti masyarakat umum dari berbagai kalangan ini, selain untuk memeriahkan HUT ke-50 Provinsi Riau dan HUT ke-62 Kemerdekaan Republik Indonesia, bertujuan untuk lebih memasyarakatkan olahraga dan mengolahraga masyarakat. “Khususnya gerak jalan,” kata Sulaiman.

Ditambahkan Sulaiman, kegiatan ini dilaksanakan, disamping dapat melibatkan masyarakat umum, murah dan meriah, juga didasari karena olahraga merupakan salah satu faktor yang sangat penting dan menentukan derajat kesehatan seseorang.

“Oleh karena itu, melalui gerak jalan santai seperti ini, kita harapkan seluruh lapisan masyarakat dapat melaksanakannya secara rutin. Selain murah, kegiatan seperti juga merupakan salah satu bentuk hiburan dapat dilaksanakan bersama dengan seluruh anggota keluarga,” kata Sulaiman yang hampir setiap sore berolahraga jalan.

Masih menurut Sulaiman, dalam rangka memeriahkan HUT ke-50 Provinsi Riau dan HUT ke-62 Kemerdekaan Republik Indonesia, selain gerak jalan santai, di ibukota Kabupaten Bengkalis juga dilaksanakan berbagai kegiatan pertandingan cabang olahraga dan permainan rakyat. Seperti bola voli dan panjat pinang. “Kegiatan serupa juga dilaksanakan di masing-masing kecamatan di daerah ini,” terangnya.

Pada bagian lain, semepena peringatan HUT HUT ke-62 Kemerdekaan Republik Indonesia , Sulaiman mengajak seluruh lapisan masyarakat di daerah ini untuk lebih mengelorakan semangat proklamasi dalam diri masing-masing. Yaitu, semangat rela berjuang, berjuang mati-matian dengan penuh idealisme dan dengan mengesampingkan segala kepentingan diri sendiri untuk kepentingan bangsa dan negara.

Semangat proklamasi adalah semangat persatuan dan kesatuan yang bulat-mutlak dengan tiada mengecualikan sesuatu golongan dan lapisan.

“Di tengah upaya untuk mempercepat keberhasilan pembangunan, seluruh lapisan masyarakat harus mampu menggelorakan dan mewujudkan semangat proklamasi itu secara nyata dan tanpa pamrih bagi bangsa dan negara itu. Khusus pada generasi muda sekarang, semangat proklamasi mesti ditunjukkan dengan etos kerja dan etos belajar yang tinggi,” kata Sulaiman.(rls)

Posting Terkait