166 Hotspot Gerogoti 9 Provinsi Sumatera

292 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Selain wilayah provinsi Riau yang menyumbang 96 titik api, 8 provinsi lagi masih menambah titik api di Sumatera hari ini. Seperti Aceh, Sumut, Sumbar, Jambi, Bengkulu, Sumsel, Lampung hingga Bangka Belitung. Sehingga total hotspot Sumatera mencapai 166 titik api hari ini.

Berdasar data Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) stasiun Pekanbaru, satelit NOAA 18 telah merekam 166 hotspot akibat kebakaran hutan dan lahan tersebar di 9 provinsi Sumatera tersebut, termasuk Riau Senin (19/05) ini.

Sebarannya seperti di Aceh titik api ini menyala 1 titik. Menusul Sumatera Utar dengan 11 titik api. Beranjak ke provinsi Sumatera Barat juga menanggung 6 titik api. Beralih ke wilayah Bengkulu, 2 titik api membakar di wilayah ini. Sedangkan di wilayah provinsi Sumatera Selatan, titik api muncul sebanyak 18 titik. Tidak ketinggalam provinsi Lampung dengan 3 titik api.

Sementar itu, provinsi Bangka Belitung menambah 11 titik api. Riau sendiri menyumbang 96 titik api dan masih terbanyak dibanding provinsi lain. Sehingga total hotspot di Sumatera hari ini sebanyak 166 titik. BMG bahkan sempat kesulitan memetakan jumlah titik api yang dilaporkan satelit tersebut. Sehingga posisi 2 titik api sulit diketahui.

“Laporan satelit sebanyak itu kita petakan. Namun ada satu atau dua titik yang tidak terdeteksi dalam pemetaan. Kadangkala satu atau dua titik api berdekatan dan menjadi satu dengan sebaran titik api lainnya. Sehingga kita tidak bisa menlihatnya,”terang Marzuki menjawab RiauInfo di Pekanbaru.(Surya)



Posting Terkait