17 Titik Api Menyala di 7 Wilayah Riau

253 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Kebakaran hutan dan lahan kembali menimbulkan titik api di sejumlah wilayah kabupaten provinsi Riau, Minggu (6/07) ini. Sedkitnya 17 titik api tersebut tersebar di 7 wilayah kabupaten/kota negeri Lncang Kuning ini.

Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Stasiun Pekanbaru melaporkan hasil rekaman satelit NOAA 18, sebaran titik api di Riau berada di kabupaten Dumai, Rokan Hilir (Rohil), Kampar, Kuantan Singingi (Kuansing), Inderagiri Hulu (Inhu), Inderagiri Hilir (Inhil) dan kabupaten Pelalawan.

Blucer Dolog Saribu yang menjabaty kepala BMG Pekanbaru melalui staf analisa Ardhitama mengatakan, di wilayah Dumai, Kampar dan kabupaten Rohil masing-masing menyal satu titik api. Sedangkan di wilayah kabupaten Kuansing terdapat 2 titik. Menyusul kabupaten Inhi dan Pelalawan yang masing-masing punya tiga titik api. Kabupaten terbanyak menyala titik api di Riau adalah kabupaten Inhu dengan 6 titik hari ini. Sehingga jumlah hotspot akibat kebakaran hutan dan lahan di Riau 17 titik hari ini.

BMG juga mendapatkan masih sangat kecil sekali peluang hujan terjadi di wilayah Riau secara umum. Sementara, suhu udara masih tinggi dengan temperatur maksimum rata-rata mencapai 30 hingga 33’C. Sehingga peluang padamnya titik api juga menipis.(Surya)

Posting Terkait