2010, BPS Akan Lakukan Sensus Penduduk Riau

486 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Hingga saat ini Badan Pusat Statistik (BPS) Riau sudah mempersiapkan pengolahan Sensus Penduduk 2010. Diharapkan dengan adanya sensus baru nanti, akan mempunyai segala informasi baru yang berkaitan dengan seluruh elemen masyarakat termasuk jumlah penduduk.

Demikian disampaikan Kepala BPS Riau, Abdul Manaf, kepada sejumlah wartawan di kediaman dinasnya jalan Cempedak, Pekanbaru, Jumat (6/11).

Menurut Abdul Manaf, rencana pada pemutahiran sensus penduduk 2010 nanti akan dilaksanakan pada 1-31 Mei 2010. Selain itu, BPS juga melibatkan sebanyak 12 ribu orang sebagai tenaga penyurvei yang langsung turun ke daerah-daerah yang ada di Riau.

“Pada pemutahiran sensus penduduk nanti kita membutuhkan tenaga survei 12 ribu orang. Untuk memenuhinya, BPS akan berkoordinasi dengan masing-masing pihak terkait yang ada di kabupaten/kota,” terangnya.

Terkait dengan pelaksanaan sensus penduduk baru tahun 2010 nanti, Abdul Manaf menjawab sesuai dengan perintah presiden. “Sensnus penduduk ini atas intruksi presiden untuk memperbaharui data-data dimasyarakat termasuk jumlah penduduk,” terangnya.

Selain itu, kata Abdul Manaf lagi, pendataan ini juga diharapkan Sebagai pedoman pengetahuan ketenaga kerjaan di Riau. Dengan demikian, kita bisa mengetahui lebih detail lagi, tuturnya. Adapun mengenai bentuk wawanca yang dilakukan seputar pendataan masih sama seperti sebelumnya tentang demografi pokok.(ad)

Posting Terkait