27 Titik Api Membakar 6 Provinsi Sumatera Hari Ini

339 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Temperatur tinggi maksimum mencapai 33,5’C di siang hari beberapa hari terakhir ini telah membuat pembakar lahan dan hutan kembali beraksi. Sedikitnya ada 27 titik api telah menyala dengan daerah penyebarannya mencakup 6 wilayah provinsi di pulau Andalas hari ini.

Berdasar data Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG), Kamis (8/05), 27 titik api tersebut tersebar di provinsi Riau, Sumatera Utara, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan dan provinsi Lampung.

Di provinsi Riau, sedikitnya 3 daerah kabupaten menyumbang titik api. Seperti kabupaten Rokanhilir dan Rokanhulu masing-masing menyala 2 titik api. Sedang kabupaten Bengkalis juga menambah satu titik. Sehingga total hotspot di Riau hari ini ada 5 titik api.

Provinsi lain seperti Sumatera Utara punya 4 titik, Jambi menyumbang 2 titik, menyusul provinsi Bengkulu dengan 6 titik api. Selanjutnya provinsi Sumatera Selatan juga menambah 5 titik dan berikutnya provinsi Lampung menyuplai satu titik api. Sehingga jumlah total titik api di Sumatera hari ini menjadi 27 titik.

Walau saat ini ada ganguan cuaca dan agak sulit memprediksi keadaan, BMG masih mencium sangat jarang terjadi hujan di Sumatera umumnya dan wilayah Riau khususnya. Meski pun ada peluang hujan di Riau, namun sangat bersifat lokal dengan intensitas ringan hingga sedang dan dalam rentang waktu malam hingga dini hari.(Surya)

Posting Terkait