297 Titik Api Menyala di Pulau Sumatera

485 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Selain provinsi Riau sendiri, titik api akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) juga terdapat di wilayah provinsi lainnya di pulau Sumatera, Kamis (31/07) ini. BMG mencatat titik api juga menyala di provinsi Aceh, Sumatera Utara, Bengkulu, Sumbar, Lampung, Sumsel, Jambi dan Bangka Belitung. Namun provinsi Riau tercatat sebagai daerah yang terbanyak titik apinya hari ini.

Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Pekanbaru melaporkan rekaman satelit NOAA 18 menangkap 126 titik api menyala di wilayah provinsi Riau. Sedangkan di provinsi Aceh hanya 18 titik menyala. Di Sumatera Utara terdapat 57 titik. Menyusul 10 titik menyala di provinsi Bengkulu. Sementara itu, 23 titik api tersebar di wilayah provinsi Sumbar.

Hingga di provinsi Sumatera Selatan terdapat 28 titik api menyala. Tidak ketinggalan provinsi Lampung dengan 3 titik. Sedangkan provinsi Jambi sedikitnya tertangkap 30 titik api menyala dan di Bangka Belitung juga menyumbangkan 2 titik api. Sehingga jumlah hotspot akibat kebakaran hutan dan lahan mencapai 297 titik di pulau Sumatera hari ini.

Untuk wilayah Riau, BMG menangkap tingginya penyulutan Karhutla dalam dua hari mendatang. Hal ini akibat peluang hujan yang kian menipis serta temperatur maksimum mencapai 34’Celsius melanda Riau secara merata. Keadaan ini juga dialami oleh provinsi lain yang punya titik api tersebut di pulau Sumatera hari ini. (Surya)

Posting Terkait