39 Ibu Rumah Tangga di Riau Mengindap AIDS

540 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Penderita penyakit mematikan AIDS di Riau kian mengkhawatirkan. Dari data di Dinas Kesehatan Riau diketahui saat ini jumlah pengindap AIDS mencapai 310 orang. Ironisnya tahun ini kasus baru pengindap AIDS kebanyakan ibu rumah tangga. 

Kepala Sub Bidang Pelayanan Dinas Kesehatan Provinsi Riau Burhanuddin kepada wartawan Sabtu (25/10) mengatakan selama tahun 2008 ini saja telah ditemukan 85 kasus baru AIDS. “Dari jumlah itu, 39 kasus diantaranya ditemukan di kalangan ibu rumah tangga,” ujarnya.

Dia mengatakan banyaknya ibu rumah tangga di Riau mengindap AID ini sangat dikhawatirkan. Ibu-ibu rumah tangga ini mendapatkan virus penyebab AIDS itu kemungkinan besar berasal dari suaminya yang suka “jajan” di luar rumah.

“Kalau sang ibu sudah terkena AIDS, maka besar kemungkinan anak-anak yang dilahirkannya akan ikut terkena penyakit mematikan tersebut. Makanya saat ini kami telah menemukan sebanyak 5 orang balita di Riau mengindap AIDS,” ungkap Burhanuddin lagi.

Selain ibu rumah tangga, penderita AIDS juga didominasi oleh kalangan mahasiswa dengan jumlah penderita 18 orang. Kemudian disusul PNS, swasta, TNI/Polri dan masyarakat lainnya. “Saat ini hampir seluruh kalangan ditemukan kasus AIDS,” jelasnya lagi.

Dari hasil pendataan Dinas Kesehatan Riau lagi diketahui dari 11 kabupaten/kota di Riau yang mempunyai penderita AIDS, Kota Pekanbaru adalah daerah tertinggi kasus AIDS yakni 200 kasus, kemudian disusul Dumai sebanyak 29 kasus dan Rokan Hilir 16 kasus.(ad)

 

Posting Terkait