4 Kabupaten di Riau Bertebaran Titik Api

322 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Meski jumlahnya menurun, titik api masih menyala hari ini di Riau. Sedikitnya 4 kabupaten di negeri Lancang Kuning mengalami nyala api. Sedang di Sumatera, hotspot terdata di 4 provinsi termasuk Riau ini.

Berdasar data Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) stasiun Pekanbaru, Senin (31/03), satelit NOAA 18 telah menangkap sebanyak 5 titik api di Riau. Hotspot ini bertebaran di kabupaten Rokanhulu 2 titik menyala. Sedang di kabupaten Kampar, Pelalawan dan Inderagiri Hulu masing-masing daerah ini menyala satu titik api.

Di provinsi lain, seperti di Aceh, satelit menangkap 3 titik api. Begitu juga dengan provinsi tetangganya, yakni Sumatera Utara telah berkobar 3 titik api. Menyusul provinsi Sumatera Barat dengan 4 titik api bergolak di wilayah ranah Minang ini.

Dengan jumlah tersebut, total nyala titik api akibat pembakaran hutan dan lahan di pulau Andalas hari ini sebanyak 15 titik. Namun, jumlah titik api yang ada di Riau terbanyak dibanding dengan 3 porovinsi lainnya. BMG juga melaporkan temperatur kian meninggi tengah melanda Riau saat ini berkisar maksimal 33 hingga 34’C. Keadaan ini sering memicu tumbuh kembangnya nyala titik api akibat pelaku pembakaran hutan dan lahan.(Surya)



Posting Terkait