437 Guru Terima Sertifikat Pendidik

541 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Sebanyak 437 guru TK, SD, SMP, SMA dan SMK dan SLB se-Kota Pekanbaru menerima sertifikat pendidik hasil proses sertifikasi guru 2009. Penyerahan sertifikat tersebut diberikan langsung oleh Penanggungjawab sertifikasi guru Riau-Kepri, Prof Dr H Isjoni MSi, di Gedung Guru Riau.


“Ya, Sabtu lalu kita telah menyerahkan sertifikat pendidik bagi 437 guru di Pekanbaru yang dinyatakan lulus sertifikasi tahun 2009, artinya mereka telah dapat dikatakan sebagai guru profesional. Dengan telah diterimanya sertifikat pendidik ini, maka guru berhak atas tunjangan profesi yakni sebesar satu bulan gaji pokok, jelas Isjoni, Senin (15/03/10).

Labih lanjut Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Riau ini mengatakan, sertifikat yang diserahkan tersebut merupakan hasil dari sertifikasi tahun 2009, baik yang dinyatakan lulus melalui penilaian Portofolio maupun yang lulus melalui Pendidikan Latihan Profesi Guru (PLPG).

Ia menambahkan, khusus untuk guru yang lulus melalui PLPG diharapkan bisa mengembangkan ilmu yang diperoleh melalui PLPG di sekolah masing-masing. Isjoni menilai setidaknya ada enam keuntungan yang diperoleh guru melalaui PLPG yang belum tentu dimiliki oleh guru yang dinyatakan lulus melalui penilaian Portofolio. Karena itu, kedepannya diharapkan PLPG ini bisa diikuti semua guru yang ikut sertifikasi.

Yang lulus melalui PLPG lebih baik dari yang lulus portofolio, banyak ilmu yg diperoleh guru yang mengikuti PLPG ini, yakni dapat ilmu tentang pengembangan profesional guru, mendapatkan penelitian kegiatan kelas, memahami bagaimana melakukan eksisten dan penilaian, memperoleh ilmu penggunaan model-model pembelajaran yang menyenangkan, bisa mendalami ilmunya dan memperoleh pengetahuan for teaching. Karenanya kedepan kita berharap PLPG ini bukan hanya diikuti mereka yang tidak lulus melalui penilaian portofolio, melain kan seluruhnya kita harapkan bisa mengikuti PLPG, ungkapnya.(Surya/pde)

Posting Terkait