50% Kasus AIDS Riau Dari Usia Muda

618 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Total penderita yang terpapar HIV/ AIDS di Indonesia berjumlah 16.288 orang, 500 di antaranya berusia 0-19 tahun. Sedang total penderita yang meninggal mencapai 2.287 orang. Provinsi dengan jumlah kasus terbanyak adalah Jakarta dan Papua.

Data terbaru Ditjen Pemberantasan Penyakit Menular dan Penyehatan Lingkungan Depkes mencatat, dalam kurun 3 bulan antara Juli hingga September 2007, terhitung 786 kasus HIV/ AIDS, dengan rincian 91 orang terkena HIV dan 695 orang kasus AIDS di Indonesia.

Sedang kasus HIV/AIDS di Provinsi Riau, sesuai data kesehatan yang ada, sudah mencapai 1.460 kasus, yang dominan terjadi pada kelompok umur 20 hingga 29 tahun yakni sebanyak 509 kasus. Ini menandakan penularan HIV/AIDS di Riau cukup mengkwatirkan.

Dengan diperingatinya Hari AIDS sedunia pada 3 Desember 2007 ini, berarti sudah 19 tahun diperingati. Diharapkan, ada kesadaran baru dan komitmen bersama untuk menekan laju penyebaran HIV dan AIDS.

“Semua dapat berperan dalam menanggulangi HIV/AIDS. Karena kepedulian sekecil apapun dapat menyelamatkan nyawa orang yang terkena HIV/AIDS. Lewat hubungan yang harmonis dan komunikasi yang intensif dan terbuka maka akan mampu meningkatkan daya juang bersama menekan laju penularan HIV dengan menyingkirkan stigma dan diskriminasi,”terang Kasubdin Yankes dan gizi, Dinas Kesehatan Riau, Burhanuddin Agung, Senin (3/12) di Pekanbaru.(Surya)

 

Posting Terkait