57 Titik Api Tersebar di 6 Provinsi Sumatera

635 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Sedikitnya 57 titik api tersebar di 6 wilayah provinsi Sumatera, Sabtu (14/06) ini. Dari provinsi lain, lagi-lagi Riau sebagai provinsi terbanyak titik apinya. Terdata 9 wilayah daerah Riau yang menjadi korban kebakaran hutan dan lahan tersebut.

Berdasar data Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) stasiun Pekanbaru, laporan satelit NOAA 18 mendapatkan sebaran titik api di Riau seperti di kabupaten Rohul, Siak dan Pekanbaru masing-masing menyala satu titik. Menyusul kabupaten Kampar dan Inderagiri Hilir masing-masng 2 titik api.

Selanjutnya sebaran hotspot ini juga berada di Pelalawan, Inhu masing masing 4 titik. Di Rokan Hilir ada 5 titik sedangkan di kabupaten Kuansing dengan 6 titik api. Sehingga wilayah Riau punya 26 hotspot hari ini.

BMG juga masih mencium sedikitnya peluang hujan di wilayah Riau. Sementara itu temperatur udara juga masih relatif tinggi dengan suhu maksimum mencapai 33’C.

Provinsi lain di Sumatera yang terkena kejahatan Karhutla hari ini antara lain Aceh 3 titik, Sumut, 4 titik, Sumatera Barat 13 titik, Jambi 10 titik dan provinsi Seumatera Selatan hanya 1 titik api. Sehingga jumlah hotspot di Sumatera hari ini seluruhnya menjadi 57 titik api.(Surya)

 

Posting Terkait