Akan Digelar Pertemuan “Memartabatkan Tamadun Melayu Serumpun”

174 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Kalau Tidak ada aral melintang, selama tiga hari mulai 19 hingga 21 April nanti akan dilaksanakan pertemuan atau seminar dengan mengangkat tema “Memartabatkan Tamadun Melayu Serumpun” bersempena dengan launching atau peluncuran Tenas Effendy Foundation (TEF) atau yayasan Tenas Effendy. 

“Seminar dengan mengangkat tema memartabatkan tamadun Melayu serumpun ini akan dilaksanakan tiga hari, sementara launching yayasan TEF akan dilaksanakan Jumat (20/4) bertempat di Hotel Arya Duta oleh Gubri dan juga akan dihadiri Gubernur Kepri,” kata Ketua panitia Launching TEF dan Seminar Budaya Melayu tingkat Internasional, Deni Hermanto, pendiri yayasan TEF H Tenas Effendy dan ketua TEF Burhanuddin Boy, kepada wartawan, Kamis (12/4) kemarin.

Dijelaskan Deni, seminar yang akan dilaksanakan selama tiga hari yang juga dilaksanakan di Hotel Arya Duta tersebut akan dibagi dalam tiga kelompok, dimana kelompok pertama yang akan dilaksanakan pada hari pertama membahas tentang gagasan memartabatkan tamadun Melayu serumpun.

“Untuk seminar hari kedua akan membahas tentang peran perempuan dalam memartabatkan Tamadun Melayu serumpun dan hari ketiga seminar membahas tentang penglibatan generasi muda dalam memartabatkan Tamadub Melayu serumpun,”terang Deni.

Pada seminar selama tiga hari tersebut akan hadir para nara sumber dari negara-negara serumpun seperti dari Malaysia, Singapura, Thailand, Brunei Darussalam dan Filifina serta para nara sumber dari sejumlah tokoh nasional dan sejumlah tokoh dari Riau.

sejumlah toko nasional yang akan tampil senagai narasumber antara lain Marwah Daud Ibrahim, Dorodjatun kuntjorojakti. sementara dari Riau, Tenas Effendy, Alaidin Koto, H Chaidir, Al Azhar Rida K Liamsi dan Yusmar yusuf.

“seminar ini akan diikuti oleh 500 perserta, dari 500 peserta tersebut, 200 peserta berasal dari luar negeri dan peserta lainnya berasal dari pemerhati kebudayaan di Sumatera dan Riau pada khususnya,”papar Deni.

Selain seminar dan Launching TEF, pada tanggal 19 dan 20 April juga akan dilaksanakan kegiatan pameran di Mal SKA yang akan diikuti oleh 30 utusan dari berbagai kalangan dan negara sahabat dan saat ini ke 30 stand tersebut sudah penuh.(ak)

 

Posting Terkait