AKAN GANGGU PESAWAT TERBANG… Kabut Smoke Ancam Jarak Pandang

620 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Udara wilayah Provinsi Riau dinyatakan masih diselimuti oleh asap. Meski tidak mengganggu jarak pandang, namun keberadaan asap dikhawatirkan akan menebal pada pagi hari dan akan menjadi kendala bagi penerbangan.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru mendapatkan jarak pandang pada pagi hari terbatas maksimum hanya 5 kilometer sekitar pukul 07.00 WIB. Namu keadaannya relatif membaik mencapai 7 kilometer menjelang tengah hari.

Sementara, pada siang hari dan sore ini jarak pandang masioh normal sekitar 10 kilometer. Kepala BMKG Pekanbaru Blucher Dologsaribu melalui staf analisa Ardhitama mengatakan, kabut asap jangat berbeda dengan kabut embun dari penguapan panas di pagi hari.

Menurut BMKG, kabut asap akan tetap menutupi pandangan selama belum pindah dan beralih ke tempat lain. Sedangkan kabut embun akan hilang beerta munculnya terik matahari pagi.

“Keadaan kabut embun akan segera pulih dengan munculnya sinar matahari pagi. Biasanya kabut embun akan hilang maksimal pada pukul 08.00 WIB. Sedangkan kabut asap yang umumnya dari titik api akan jelas diterima sebagai tanda smoke oleh satelit. Daerah Riau termasuk rawan dengan kabut smoke ini,”terang Ardhitama.(Surya)

Posting Terkait