Anggaran Multiyears 2009 Mencapai Rp2 Triliun

522 views

PEKANBARU (RiauInfo): Untuk tahun 2009 ini Pemprov Riau berencana membuat lagi program multiyar dengan dana sekitar Rp2 triliun. Rencananya anggaran tersebut diperuntukkan bagi pembangunan indrastruktur seperti jalan dan jembatan yang saat ini masih terasa minim. 

Hal itu dikatakan anggota Komisi C DPRD Riau Abubakar Siddik kepada wartawan di Pekanbaru belum lama ini. Menurut Abubakar, daerah yang akan mendapatkan program ini diutamakan bagi kabupaten/kota yang belum mendapatkan program multiyear tahun lalu, seperti Kuansing, Kampar dan Rokanhilir.

Dia mengatakan, untuk kabupaten-kabupaten itu sudah diprogramkan beberapa pembangunan yang akan menggunakan anggaran multiyears. Misalnya saja untuk Kuansing akan diusulkan pembangunan Jalan Lintas Selatan yang melewati Inhu dan Kuansing.

Panjang jalan itu totalnya 192 kilometer, dimana di wilayah Inhu sepanjang 103 kilometer dan Kuansing sepanjang 89 kilometer. Kemudian dibangun lagi ruas jalan yang menghubungkan antara Muaralembu dengan Pangkalan Indarung menuju perbatasan Sumbar, yakni Kabupaten Sawahlunto dengan panjang 70 Km.

Masih di Kabupaten Kuansing, akan dibangun pula jalan dari Simpang Sako Pangean menuju daerah Setungal sampai ke Pangkalan Kerinci. Panjang jalan ini diperkirakan lebih kurang 100 km.

Sedangkan untuk Kabupaten Kampar direncanakan untuk pelebaran jalan Pekanbaru-Bangkinang dan pembangunan jalan Lingkar Bangkinang. Kemudian untuk Rokan Hilir juga direncanakan untuk pembangunan jalan baru, dimana di ruas jalan itu ada dua jembatan.(ad)

 

Posting Terkait