Angin Kencang Ancam Riau Bagian Utara

280 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Stasiun Pekanbaru menangkap peluang angin kencang di wilayah Riau bagian Utara. Keadaan itu menyusul potensi hujan yang juga meningkat di sejumlah wilayah Riau Utara itu, Jumat (31/10) ini. 

Wilayah Riau bagian Utara itu antara lain wilayah kabupaten Rokan Hilir (Rohil), sebagain wilayah Rokan Hulu (Rohul), Dumai dan wilayah kabupaten Bengkalis. BMG Stasiun Pekanbaru menangkap gejala angin kencang juga dipengaruhi oleh temperatur tinggi di sejumlah wilayah Riau lainnya.

BMG mencatat suhu maksimum mencapai 35,5 Derjat Celsius di wilayah Riau. Namun BMG lebih cenderung membaca gejala angin kencang di Riau Utara itu akibat pengaruh tekanan rendah di sejumlah perairan sebelah Utara pulau Sumatera.

“Tekanan Rendah juga terjadi di wialyah perairan Utara pulau Sumatera. Sedangkan gelombang tinggi juga terjadi di wilayah perairan Selat Melaka bagian Utara yang berhubung langsung dengan perairan Riau di Rohil dan Bengkalis. Sehingga angin kencang rawan di perairan Rohil dan Bengkalis itu,”ungkap staf analisa Marzuki mewakili kepala BMG Stasiun Pekanbaru, Blucer Dolog Saribu kepada RiauInfo.

Posting Terkait