Angin Kencang dan Hujan Melanda Kota Pekanbaru

304 views

PEKANBARU (RiauInfo) -Angin kencang serta hujan melanda kota Pekanbaru sore ini. BMG menyatakan angin ini merupakan gejala hujan yang mulai terlihat di kota Pekanbaru dan wilayah provinsi Riau secara umum, Kamis (7/08) ini. Diperkirakan kekuatan angin sebelum hujan berkisar 15 hingga 30 knot atau setara dengan 30 hingga 60 km/jam. 

Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Pekanbaru mendapatkan peluang hujan hampir terjadi di seluruh wilayah provinsi Riau dengan intensitas sedang pada rentang waktu sore hingga malam nanti. Peluang hujan ini menyusul berkurangnya pengaruh gangguan tropis di wilayah Philipina yang menjadi penyebab kekeringan di Riau dan Sumatera umumnya beberapa hari lalu.

Blucer Dolog Saribu yang menjabat kepala BMG Pekanbaru, melalui staf analisa Marzuki mengatakan, angin kencang tersebut juga akan mengakibatkan cuaca buruk di beberapa wilayah perairan pulau Sumatera. Saat ini BMG menangkap ketinggian gelombang di perairan pesisir Riau mulai naik mencapai 1 hingga 1,5 meter. Sedangkan di perairan kepulauan Riau tinggi gelombang mencapai 2,5 meter.

Ketinggian gelombang akibat angin kencang juga terjadi di pesisir barat pulau Sumatera. Seperti di pesisir barat perairan Aceh hingga Sumatera Barat gelombang mencapai 2,5 meter. Sedangkan di pesisir barat Bengkulu hingga ke perairan Selatan Pulau Jawa gelombang mencapai 3 meter lebih.

Angin kencang tersebut telah mulai turun disertai hujan di kota Pekanbaru saat ini. Dengan turunnya hujan dan disertai angin kencang tersebut yang juga berpeluang di wilayah Riau lainnya, diperkirakan titik api akan mengalami penurunan tajam di wilayah Riau. Bahkan BMG memperkirakan hujan di Riau akan menekan titik api mencapai ke titik nol.(Surya)



Posting Terkait