Angin Kencang Ganggu Pelayaran dan Penerbangan

162 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Angin kencang akan kembali terjadi dan merangsang tumbuhnya gelombang. Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Pekanbaru mengingatkan kepada nelayan dan pelayaran umum waspada terhadap gelombang tinggi di sekitar perairan Kepulauan Riau.

Ketingian gelombang berkisar 3 hingga 5 meter tersebut rawan tumbuh di sekitar perairan pulau Batam, selat Singapura, Natuna, Tarempa dan sekitarnya.

“Jika angin kencang pasti gelombang tinggi akan menyertai. Batam dan selat Singapura tinggi gelombang berkisar 3 meter. Sedang di kepulauan Natuna dan Tarempa sekitarnya gelombang bisa mencapai 5 meter,”ujar Ardhi dari BMG Pekanbaru kepada RiauInfo, Minggu (10/02) di Pekanbaru.

Menurut Ardhi, data satelit telah melihatkan hembusan angin kencang tersebut bertiup dari arah Timur ke Barat dengan kecepatan 35 m/jam. Selain mengakibatkan tinggi gelombang, angin kencang ini juga rawan menggangu jalur penerbangan.

“Hembusan angin 35 km/jam disebut dengan istilah Jetstin yang menggangu penerbangan ini terjadi di ketinggian 25.000 kaki diatas permukaan laut. Keadaan tersebut diperkirakan rawan terjadi hingga menjelang Maret mendatang,”ujar Ardhi.(Surya)

 

Posting Terkait