Angin Kencang Masih Menghantui Wilayah Riau

296 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Temperatur tinggi siang hari dan adanya peluang hujan sorenya rawan menimbukan angin kencang. Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) melaporkan suhu maksimal rata-rata mencapai 33-34’C di Pekanbaru, Riau umumnya hari ini. Namun peluang hujan masih luas terjadi di beberapa wilayah antara sore hingga malam hari.

Hujan berpeluang terjadi di Selatan Riau. Wilayah selatan ini meliputi daerah kabupaten Rohil, Kuansing, Pelalawan Inhu hingga Kabupaten Inhil. Kemarin, telah tercatat beberap rumah rusak akibat angin kencang yang ditimbulkan oleh gejala cuaca seperti tersebut.

BMG mengakui kejadian angin tersebut sangat sulit dideteksi. “Karena angin itu muncul begitu saja secara tiba-tiba. Meski penyebabnya kita ketahui, yakni sering timbul karena penguapan panas pada siang seperti saat ini, dan sorenya peluang hujan pun ada, namun sangat sulit kita prediksi,”terang Marzuki dari analisa BMG Pekanbaru kepada RiauInfo, Kamis (10/04) di Pekanbaru.

BMG hanya akan melihat hasil satelit setelah angin tersebut bertiup. Dengan kata lain, BMG hanya bisa melaporkan kecepatan angin yang terjadi. “Jika angin tersebut bertiup sekitar 30 knot atau sama dengan 60 km/jam, maka angin bisa disebut dengan angin Puting Beliung seperti yang kita kenal selama ini. Biasanya datang sebelum hujan dan akhirnya beserta hujan,”ungkap Marzuki.(Surya)

 

Posting Terkait