ANGIN KENCANG PERLU DIWASPADAI… Karhutla Menyala di 5 Daerah Provinsi Riau 25 Nov 2008 17:18 wib Surya

321 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) menyala di 5 wilayah kabupaten provinsi Riau Selasa (25/11) ini. Keadaan itu menyusul cuaca cerah dan temperatur tinggi maksimum mencapai 33 Derjat Celsius di Riau. Badan meteorologi dan Geofisika (BMG) Stasiun Pekanbaru melaporkan Karhutla tersebar di kabupaten Rohil, Rohul, Kampar, Pelalawan dan Kuansing wilayah provinsi Riau hari ini.

Kepala BMG Stasiun Pekanbaru Blucer Dolog Saribu sebagai anggota Pusdal Karhutla Riau, melalui staf analisa Marzuki mengatakan, satelit National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) 18 merekam titik api menyala masing-masing satu titik di wilayah kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Kampar, dan kabupaten Pelalawan.

Menyusul wilayah kabupaten Rokan Hulu dan kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) masing-masing mengalami tiga titik Karhutla. Sehingga jumlah Karhutla menjadi 9 titik di wilayah provinsi Riau hari ini. Selain mencatat temperatur tinggi, BMG Pekanbaru juga mencatat peluang hujan dan angin kencang rawan terjadi di sejumlah bagian wilayah Riau.

Peluang hujan lebih meluas di Riau Bagian Tengah dan Utara seperti di kota Pekanbaru, sebagian wilayah Kampar, kabupaten Rohul, Pelalawan, Siak, Bengkalis, Dumai dan sebagian kabupaten Rokan Hilir (Rohil). BMG Pekanbaru memperkirakan hujan berintensitas ringan hingga sedang akan terjadi di wilayah tersebut pada sore atau malam hari ini.(Surya)

Posting Terkait