APBD Riau 2007 Masih Perlu Dibahas Lagi

264 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Banyak orang menduga begitu APBD Riau 2007 disahkan Mendagri sudah bisa langsung digunakan. Ternyata dugaan itu keliru. Sebab ternyata setelah disahkan, APBD Riau tersebut masih perlu pembahasan lagi.

Sekdaprov Riau HR Mambang Mit dalam keterangannya kepada wartawan di Pekanbaru mengatakan sesuai petunjuk depdagri, akan terlebih dahulu dilakukan menyesuaikan pos-pos yang disesuaikan. Ada juga pos yang diganti dengan kegiatan lain.

Dia mengatakan, secara keselurahan APBD Riau 2007 ini sebesar Rp4,2 triliun telah diterima dengan jumlah anggaran yang sama. Bisa dikatakan, ujarnya, Mendagri menerima sekitar 99 persen dari APBD ini untuk dapat dilaksanakan secara langsung.

Hanya ada sedikit catatan, termasuk adanya pos yang diberi dicoret yakni pos dana perjuangan otsus. Namun anggaran ini tidak dihapus sama sekali. “Kita diminta untuk diberi kegiatan baru pada pos dana ini. Bagaimana bentuknya masih dirembukkan dengan TAPD dan Panggar nantinya,” ujar Mambang.

Dikatakannya bahwa dana itu tak akan digunakan untuk perjuangan otsus lagi, termasuk jika ada hal-hal yang berkaitan dengan itu. Pasalnya, Mendagri memang tak merekomendasikan itu untuk dana otsus. Pihaknya akan benar-benar mengalihkan dana itu untuk kegiatan lainnya yang tak berkaitan sama sekali dengan perjuangan otsus.

Selain itu menurutnya ada beberapa kegiatan lain yang secara prinsip dananya tidak ditolak, namun hanya dipindahkan saja satkernya. Mambang menyebutkan untuk proyek fisik, selama ini memang dipoolkan di Dinas Kimpraswil.

Akan tetapi ke depan nanti, pembangunan itu dipindahkan ke satker-satker yang ada, seperti dispora, Diknas dan lainnya. Untuk mengubah itu kan perlu waktu juga, termasuk kita merapatkan ini dengan masing-masing satker,” ujarnya.(Ad)

 

Posting Terkait