ARTIKEL AFIYATI RENO Demam Facebook Sedang Melanda Dunia

558 views
news8577JIKA Anda dihadapkan kepada pertanyaan diatas, mula-mula Anda akan bertanya, apa itu Facebook? Mungkin ada yang mula-mula tidak peduli, tapi setelah semakin banyak yang bertanya, akhirnya Anda akan punya facebook sendiri. Setelah itu, hidup Anda tidak akan pernah terlepas dari Facebook.

Saat ini facebook memang telah menjadi suatu trend yang sangat fenomenal. Semua orang ingin membuat facebooknya sendiri. Mulai dari anak ABG, Mahasiswa, Karyawan, Direktur, Owner Perusahaan, Anggota Partai, Bapak-Bapak Legislatif, Ulama, Artis bahkan Abang Penjual Kripik. Semua berbondong-bondong mendaftarkan diri pada satu web yang mungkin menjadi web terbanyak dibuka secara serentak disemua komputer di Indonesia saat ini maupun didunia yaitu www.facebook.com.

Facebook adalah situs web jaringan sosial yang diluncurkan pada 4 Februari 2004 dan didirikan oleh Mark Zuckerberg, seorang lulusan Harvard dan mantan murid Ardsley High School. Keanggotaannya pada awalnya dibatasi untuk mahasiswa dari beberapa kampus terkenal di Amerika.

Hingga Juli 2007, situs ini memiliki jumlah pengguna terdaftar paling besar di antara situs-situs yang berfokus pada sekolah dengan lebih dari 34 juta anggota aktif yang dimilikinya dari seluruh dunia.Dari September 2006 hingga September 2007, peringkatnya naik dari posisi ke-60 ke posisi ke-7 situs paling banyak dikunjungi,dan merupakan situs nomor satu untuk foto di Amerika Serikat, mengungguli situs publik lain seperti Flickr, dengan 8,5 juta foto dimuat setiap harinya.

Tahun 2007 sebenarnya facebook sudah mulai digunakan oleh para mahasiswa di Indonesia. Namun facebook baru menjadi booming di negara kita mulai pertangahan tahun 2008 lalu hingga saat ini menjadi situs yang sangat diminati oleh semua kalangan.

Facebook seperti jaringan MLM yang menghubungkan seseorangan dengan orang lain melalui dunia maya. Pada facebook kita bisa mencari teman-teman lama yang tentunya juga harus sudah mempunyai facebook. Bisa saling bertukar cerita, bisa meng-upload foto-foto lama maupun baru, bisa mengirim email bahkan untuk chatting pun sudah dapat dilakukan disini.

Makanya Bill Gate sang pemilik Microsoft sedikit gusar dan memutuskan untuk menanamkan sahamnya pada Perusahaan Facebook. Bill Gate mungkin khawatir jika semua user yang ada didunia beralih ke facebook menggantikan software email dan chatting yang saat ini banyak digunakan.

Mengapa hal ini menjadi satu hal yang menarik bagi setiap orang terutama di Indonesia? Pertama, ini terjadi karena ada keinginan dalam diri setiap pribadi untuk membandingkan apa yang dipunyai saat ini dengan orang lain. Perbandingan yang ingin dilihat antara lain adalah apa yang sudah dipunyai teman? Kemampuan apa yang saat ini bisa dilakukan oleh orang lain? Dan pembanding-pembanding lainnya.

Keinginan untuk memamerkan diri. Ingin memperlihatkan siapa saya. Coba perhatikan foto-foto yang beredar di facebook. Berapa banyak yang mengupload foto-foto pada saat sedang berada di luar negeri? Atau foto-foto bersama orang-orang terkenal? Besar atau kecil, keinginan itu ada pada diri setiap orang. Profil Anda di Facebook bisa mencerminkan seberapa narsisnya Anda. Kok bisa?

Ilmuwan di University of Georgia menyebarkan tes kuesioner kepribadian ke sekitar 130 pengguna Facebook dan menganalisa konten profil mereka. Dari situ bisa diketahui seberapa narsisnya kita. Namun bukan berarti semua pengguna Facebook adalah narsis. “Orang narsis bisa jadi terlihat sangat menarik (diterjemahkan secara bebas dari LiveScience).

Namun facebook juga banyak memberikan hal-hal positif. Meningkatkan rasa sosial seseorang, seseorang yang tadinya tidak terlalu berteman didunia nyata, menjadi berteman di dunia maya melalui facebook. Ada yang sebelumnya sangat pemalu, sekarang karena bisa memberi comment dengan bahasa gaul di facebook.

Facebook juga dapat dijadikan sebagai ajang promosi bagi yang mempunyai produk untuk dijual (ini termasuk saya). Ada seorang pengusaha makanan yang omsetnya meningkat tajam semenjak mempunyai facebook dengan mempromosikan makanan hasil produksinya melalui facebook.

Tidak perlu membayar mahal untuk iklan, tidak harus mempunyai komputer sendiri, apalah harus berlangganan internet sendiri. Hanya dengan modal 5000 perjam, seorang Penjual Kripik bisa mengupdate dan membuka facebooknya dari warnet.

Facebook juga dimanfaatkan oleh Ibu-Ibu yang ingin meletakkan foto-foto keluarga, foto-foto buah hati tercinta agar dapat dilihat oleh sahabat maupun kerabat yang berada nun jauh disana. Bahkan facebook juga digunakan beberapa rekan yang menjadi Calon Legislatif untuk mempromosikan dirinya, agar terpilih menjadi Anggota Dewan nantinya. It’s okay, sah-sah saja.

So, apakah Anda sudah memilik facebook? Jika belum, segeralah rasakan sensasinya dan silahkan ambil manfaatnya.***

Afiyati Reno (afiyati_reno@yahoo.com)
Lahir di Pekanbaru, kini tinggal di Kompleks Metro Permata 1 Blok J 8 No. 22 Karang Mulya – Tangerang – 15158

 

 

Posting Terkait