Arus Pulang Memadati Jalur Alternatif Via Kiliran Jao

930 views
news4379PEKANBARU (RiauInfo) – Jalur Sumbar-Riau sampai Minggu (23/3) masih putus akibat longsor yang terjadi Sabtu (22/) kemaren di Pangkalan Baru, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumbar. Akibatnya dari kemaren hingga saat ini jalur alternatif via Kiliran Jao dipadati kendaraan dari arah Sumbar menuju Pekanbaru.

Meski jalur alternatif via Kiliran Jao tersebut lebih jauh dua kali lipat dibandingkan jalur biasa, namun warga yang habis berlibur di Bukittinggi terpaksa menggunakan jalur ini karena tidak ada jalur lainnya.

Berdasarkan informasi yang diterima RiauInfo, saat ini terlihat ribuan mobil pribadi melewati jalur tersebut. Bagaikan konvoi panjang, sejak sore kemaren jalur tersebut terus dipadati kendaraan. Umumnya mereka mulai masuki jalur tersebut melalui Payakumbuh.

Dari Payakumbuh perjalan akan melewati sejumlah kota di Sumbar, diantaranya Lintau, Sijunjung, terus masuk ke jalan lintas barat Sumatera menuju Kiliran Jao. Dari Kiliran Jao perjalanan diteruskan ke Lubuk Jambi, Taluk Kuantan, Lipatkain, terus ke Pekanbaru.

Untuk jalur alternatif itu, dari Payakumbuh sampai ke Pekanbaru minimal akan menghabiskan waktu sekitar 10 jam. Padahal pada jalur biasa lewat Bangkinang hanya memakan waktu sekitar 5 jam, atau hanya separuh dari jalan alternatif tersebut.(Ad)


Posting Terkait