Bahana Cendana Kartika Juara Umum Grand Prix Marching Band ke XXIX

687 views
PEKANBARU (RiauInfo) – Masyarakat Riau patut berbangga atas keberhasilan marching band Bahana Cendana Kartika (BCK) mengukir sejarah emas di Grand Prix Marching Band (GPMB) ke XXIX di Jakarta. Pasalnya baru kali ini sekolah yang berada di lingkungan PT Chevron Pacific Indonesia ini menjadi juara umum event bergengsi tersebut.

Berdasarkan rilis yang diterima RiauInfo, Selasa (31/12) disebutkan acara yang memperebutkan piala Presiden Republik Indonesia berlangsung pada 27 – 29 Desember 2013 di Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta dan diikuti oleh 24 peserta dari berbagai provinsi di tanah air.

Tim Juri GPMB yang terdiri para profesional Marching Band dari Amerika, Inggris, Jerman, Belanda, Thailand dan Indonesia mengukuhkan BCK sebagai juara umum. BCK menempati urutan pertama pada hampir seluruh kategori yang dilombakan. Mengangkat tema Star Wars, tim BCK berhasil menyuguhkan kemampuan musikalitas yang tinggi, komposisi musik yang harmonis, konfigurasi gerak yang atraktif, dinamis dan kompak, dipadukan dengan aksi teatrikal heroik dengan mengusung karakter-karakter spesifik dari film yang populer tersebut.

Walaupun rata-rata masih duduk di bangku SMP dan SMA, anggota tim BCK terbukti tak gentar menghadapi lawan-lawannya, yang usianya terpaut jauh lebih tua dari mereka. Kemenangan ini menjadi bukti bahwa kerja tim yang dikelola dengan sungguh-sungguh, fokus dan disiplin akhirnya akan membawa kesuksesan.

Dalam kejuaraan BCK berhasil membawa pulang Piala Tetap dan Piala Bergilir Presiden Republik Indonesia sebagai Juara Umum Divisi Utama. Selain itu, BCK juga berhasil mendapatkan predikat terbaik untuk beberapa kategori, antara lain :

– Predikat Terbaik I Divisi Utama kategori Field Music
– Predikat Terbaik I Divisi Utama kategori Music
– Predikat Terbaik I Divisi Utama kategori Percussion
– Predikat Terbaik I Divisi Utama kategori Visual
– Predikat Terbaik I Divisi Utama kategori Color Guard
– Predikat Terbaik I Divisi Utama kategori General Effect
– Predikat Terbaik II Divisi Utama kategori Front Ensemble

Ratusan siswa dan alumni Cendana, keluarga, pegawai hingga anggota manajemen puncak Chevron menyempatkan diri hadir dalam final GPMB, untuk memberikan dukungan bagi kesuksesan tim. Nurhasan, salah seorang Pembina BCK mengatakan bahwa keberhasilan tersebut diraih berkat dukungan orang tua dan koordinasi yang baik antara pelatih, anak-anak, pembina dan semua pihak yang turut berpartisipasi mulai dari proses latihan hingga penjurian.

Peranan orang tua sangat besar karena BCK menekankan tanggung jawab anak didiknya untuk tetap menjaga prestasi di bidang akademik. Pendidikan formal tetap prioritas utama dan BCK membantu sebagai media dalam pengembangan karakter, disiplin, kepemimpinan dan cara bekerja sama untuk meraih tujuan yang dicita-citakan.

Lebih lanjut Nurhasan berharap, semoga tim BCK dapat terus meningkatkan prestasinya, menjadi panutan bagi sesama dan tetap menjadi barometer kualitas bagi pengelolaan sebuah marching band. Ucapan terima kasih juga disematkan kepada manajemen Chevron atas perhatian dan dukungan yang terus-menerus, dalam memompa semangat juang, melatih mental, disiplin, menjaga integritas BCK demi mengharumkan nama provinsi Riau di kancah nasional.(ad)

Posting Terkait