Bandar Serai Lokasi Utama Acara FBMD 2007

108 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Kegiatan Festifal Budaya Melayu Dunia (FBMD) yang akan dimulai 4 Desember mendatang kebanyakan digelar di Bandar Serai atau purna MTQ Pekanbaru. Dua format acara yang diketengahkan panitia yakni bentuk konvensi dan pagelaran memungkinkan bandar serai sebagai tempat pagelaran berlangsung.

Jadwal panitia pada hari pertama, 4 Desember mengadakan kegiatan Opening Ceremony FBMD di pertigaan jalan Gajah Mada-Jalan Diponegoro dari pukul 14.oo hingga 17.oo WIB. Pada hari yang sama jadwal berikutnya adalah Welcome Dinner akan berlangsung pada pukul 20.oo hingga 22.3o WIB di Aula Gubernuran.

Pada 5 hingga 8 Desember, dari pukul 10.oo hingga 21.oo WIB jadwal ipenuhi oleh pameran, seperti pameran motif-motif tenunan dan anyaman, tradisi tulis melayu berbilang abad atau manuskrip, buku, dan lainnya. Jadwal ini juga menggelar pameran seni lukis, fotografi dan arsitektur melayu. Rangkaian pameran sepanjang jadwal FBMD ini akan berlangsung di Bandar Serai.

Masih bertempat di Bandar Serai juga pada 5 hingga 8 Desember, panitia menjadwalkan kegiatan Permaianan Rakyat seperti Gasing dan Layang-layang pada pukul 14.oo hingga 17.oo WIB. Sedang pagelaran tari juga berlangsung sejak tanggal 5-7 Desember pada pukul 08.oo hingga 22.3o WIB di Laman Bujang Mat Syam Komplek Bandar Serai. Jadwal Bazar Kuluiner juga akan mewarnai Komplek Bandar Serai 5-8 Desember dengan jadwal pada pukul 14.oo hingga 22.3o WIB.

Sedang acara konvensi dilangsungkan satu hari pada 5 Desember di Hotel Aryaduta dalam berbagai format diskusi panel yang membahas tujuan FMBD ini. Seperti pembahasan Naskah Akademis Komunike Tiga Negara akan berlangsung di sesi pertama. Pada sesi ke dua dari diskusi panel akan dibahas Pembentukan Joint Committee dan hasil diskusi dalam konvensi ini akan ditutup dengan pembacaan Resolusi Riau. Konvensi ini menurut jadwal panitia berlangsung pada 08.3o hingga 17.oo WIB.

Penutupan dari seluruh rangkaian acara FBMD 2007 tersebut akan berlangsung 8 Desember pukul 07.3o hingga 22.3o WIB dalam kegiatan Closing Ceremony di Laman Bujang Mat Syam Komplek Bandar Serai, Pekanbaru.

“Kita harap seluruh kegiatan akan berjalan lancar dan sesuai rencana serta melibatkan seluruh masyarakat untuk memeriahkan FBMD ini,”harap kepala Budsenipar Riau, Joni Irwan. SH.MH kepada RiauInfo, Senin (26/11) di Pekanbaru.



Posting Terkait