BANJIR BESAR LANDA ROHUL Ribuan Rumah dan Ratusan Hektar Kebun Tenggelam

640 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Banjir hebat kini melanda Kabupaten Rokan Hulu (Rohul). Banjir telah menggenangi rumah-rumah penduduk dan juga kebun masyarakat. Sampai saat ini belum ada laporan korban jiwa, tapi banjir sempat membuat beberapa wilayah sulit dilewati karena ruas jalan ke sana tergenang air.


Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rohul, Aceng Herdiana ketika dihubungi wartawan Jumat (15/2) di Pasir Pengaraian (Ibukota Kabupaten Rohul, Riau), banjir yang melanda beberapa desa di Rohul itu berasal dari meluapnya air Sungai Batang Lubuh.Adapun desa-desa yang terendam tersebut berada di Kecamatan Rambah Hilir, Kecamatan Kepenuhan, bahkan Kota Pasirpengaraian juga tak luput dari banjir. “Banjir di desa-desa tersebut sudah setinggi leher orang dewasa,” ungkap Aceng Herdiana menjelaskan.

Guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, beberapa warga yang terkena banjir telah melakukan pengungsian ke tempat-tempat aman. Namun sebagian lagi ada yang masih bertahan di rumahnya. Alasan mereka belum mengungsi karena takut barang-barang di rumahnya dicuri orang.

Banjir selain menenggelamkan ribuan rumah dan kebun warga, juga menyebabkan terputusnya hubungan darat ke sejumlah kawasan di Kabupaten Rohul. Begitu pula halnya di dalam kota Pengaraian, sejumlah ruas jalan ikut tenggelam oleh air. Akibatnya banyak warga kesulitan untuk mencapai tempat kerjanya.

Misalnya saja dari Simpang Tangun menuju Kota Pasirpangaraian terputus begitu juga sebaliknya. Bagi sebagian masyarakat yang tahu jalan alternatif, mereka lebih memilih jalan memutar lewat Jalan Lingkar Pasirpangaraian.

Aceng mengatakan, saat ini pihaknya masih menunggu laporan dari kepada desa dan camat tentang bencana banjir yang melanda wilayahnya. “Berdasarkan perkiraan kami, banjir telah merendam ribuan rumah. Namun data lengkapnya sedang kami kumpulkan,” tegasnya.

Sampai Jumat (15/2) ini ketinggian air masih terus mengalami peningkatan. Bila hujan masih sering turun di wilayah Rohul maka diperkirakan banjir akan meluas sehingga jumlah rumah warga yang terendam banjir akan semakin meningkat.(zas)

 

Posting Terkait