Bank Riau Kembali Gelar UMKM Award 2010

620 views
Bank Riau Kembali Gelar UMKM Award 2010

Bank Riau Kembali Gelar UMKM Award 2010

PEKANBARU (RiauInfo) – Bank Riau UMKM Awards 2010 ini kembali mengelar kegiatan berupa UMKM Award yang akan diselenggarakan pada bulan Agustus mendatang. Ini merupakan kegiatan UMKM Award yang kedua setelah sebelumnya diadakan pada tahun 2009 lalu.

Seperti tahun sebelumnya, pada event Bank Riau UMKM Award 2010 ini akan dijaring sebanyak 53 finalis yang merupakan nasabah UMKM terbaik Bank Riau yang diseleksi melalui standar penilaian dari sisi pertumbuhan usaha, perkembangan hubungan kerja antara debitur dengan bank serta manfaat usaha UMKM bagi masyarakat.

Dari ke-53 finalis tersebut selanjutnya akan dikerucutkan menjadi 20 UMKM terseleksi dan sampai pada akhirnya menjadi 15 finalis. Lima belas finalis ini terdiri atas lima finalis untuk kategori Mikro, lima finalis untuk kategori Kecil dan lima finalis untuk kategori penerima kredit program BPD Peduli. Dan dari masing-masing kategori tersebut akan disaring lagi menjadi tiga yang terbaik.

Direktur Utama Bank Riau, Ir H Erzon MM menjelaskan, anugerah UMKM Award Bank Riau merupakan apresiasi Bank Riau terhadap UMKM yang ada di Propinsi Riau dan Kepulauan Riau. “Bank Riau telah berperan sebagai motivatordan Pembina UMKM agar sektor UMKM dapat tumbuh dan berkembang menjadi lebih baik lagi di tengah percaturan perekonomian daerah”, ujarnya.

Sebagai bentuk dukungan Bank Riau terhadap perkembangan UMKM, sampai dengan saat ini Bank Riau telah menyalurkan kredit bagi sektor UMKM serta memperbanyak skim kredit serta telah melakukan pembinaan bagi perkembangan sektor UMKM.

”Sampai dengan bulan Mei 2010 telah tersalurkan kredit untuk UMKM sebesar Rp 946 milyar dari target penyaluran tahun 2010 yang berjumlah Rp1,4 triliun,” jelas Erzon.

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan usaha yang digeluti oleh mayoritas penduduk Indonesia. Tercatat hampir 50 juta unit UMKM di Indonesia atau sekitar 99% lebih dari total unit usaha yang ada. UMKM memiliki kontribusi yang signifikan dalam upaya penanggulangan kemiskinan. Ketika terjadi resesi ekonomi tahun 1997, UMKM terbukti sangat tangguh dan mampu bertahan di saat usahawan besar runtuh berguguran.

Upaya Bank Riau dalam menyalurkan kredit UMKM ini telah menempatkan Bank Riau saat ini diurutan ke – 7 dari 121 bank kategori Bank Dengan Kegiatan Usaha Terfokus Pada Segmen Usaha Tertentu di kelompok bank dengan modal Rp 1 triliun sampai dengan Rp 10 triliun.

Tentunya hal ini merupakan suatu prestasi yang luar biasa serta membanggakan bagi Bank Riau. Karena sepanjang tahun 2009 Bank Riau lebih memfokuskan diri pada sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) serta peningkatan kualitas pelayanan yang merupakan kelanjutan dari program transformasi yang telah dicanangkan pada tahun 2008.

Tahun ini penyelenggaraan Bank Riau UMKM Award dilaksanakan melalui bekerjasama dengan creative tim Radio Smart FM Pekanbaru, salah satu radio jaringan nasional yang beroperasi di 10 kota besar di Indonesia.

Menurut Pimpinan Unit Smart FM Pekanbaru, Sari Indriati “UMKM Award Bank Riau 2010 ini merupakan salah satu upaya radio Smart FM dalam menggerakkan pertumbuhan ekonami. Kami menyadari kerjasama dengan Bank Riau ini dapat berfungsi untuk menggerakkan, mendorong dan mempercepat pertumbuhan ekonomi yang bermanfaat untuk meningkatkan taraf hidup orang banyak” jelasnya.(ad/rls)

Posting Terkait