Banyak Makanan Ringan Beredar Tanpa Dilengkapi Tanggal Kadaluarsa

264 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Masyarakat Pekanbaru harus berhati-hati setiap membeli makanan ringan di supermarket, toserba ataupun di warung-warung. Sebab saat ini banyak makanan ringan itu dijual tanpa memiliki tanggal kadaluarsa di kemasannya, sehingga tidak akan diketahui apakah sudah kadaluarsa atau belum. 

Dari pengamatan yang dilakukan RiauInfo, Sabtu (2/6) di sejumlah toserba dan warung di Pekanbaru memang ditemukan adanya beberapa makanan ringan yang tidak dilengkapi tanggal kadaluarsa. Anehnya banyak masyarakat tidak peduli dengan hal tersebut, mereka tetap saja membelinya.

Padahal hal tersebut sangat berbahaya, karena jika makanan tersebut sudah kadaluarsa dan sempat dimakan, dapat menimbulkan sakit perut bagi setiap orang yang memakannya. Umumnya makanan ringan yang tidak memiliki tanggal kadalurasa itu sangat digemari oleh anak-anak.

Hendri (35) salah seorang warga mengatakan dia pernah terbeli beberapa jenis makanan ringan yang tidak memiliki tanggal kadaluarsa. Makanan tersebut dibelinya di salah satu warung tidak jauh dari rumahnya. “Begitu saya tahu makanan tersebut tanpa tanggal kadaluarsa, langsung saja saya buang,” ujarnya.

Dia merasa heran, kenapa produk makanan ringan tanpa tanggal kadaluarsa itu masih bisa lolos beredar di pasaran. Seharusnya kehadiran makanan-makanan tersebut terpantau oleh Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), sehingga tidak sempat beredar di pasaran.

Salah satu makanan ringan yang ditemukannya tanpa tanggal kadaluarsa itu yakni sejenis makanan dari coklat yang diproduksi perusahaan makanan cukup terkemuka di Tangerang. “Setelah saya periksa dikemasannya, tidak ditemukan tanggal kadaluarsa. Ini membuat saya sangsi untuk mengkonsumsinya, sehingga langsung saya buang,” jelasnya.

Apalagi menurut dia, warung tempat dia membeli makanan ringan itu dulunya pernah ditemukan makanan yang sudah kadaluarsa tetap dijualnya. “Saya pernah membeli makanan ringan juga disini, begitu saya periksa ternyata tanggal kadaluarsanya sudah lewat,” jelasnya lagi.(Ad)

 

Posting Terkait