Belasan Ribu Korban Banjir Mulai Diserang Penyakit

94 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Banjir yang melanda hampir seluruh kabupaten/kota di Riau mulai mendatangkan penyakit kulit terhadap para korban banjir. Tidak kurang 12 ribu kepala keluarga saaat ini menderita penyakit kutu air, kurap dan gatal-gatal pada kulit.

Karena itu, para korban banjir saat ini tidak hanya membutuhkan bantuan berupa pangan, tapi juga obat-obatan untuk mengantsisipasi berbabagi penyakit yang ditimbulkan akibat banjir. Bahkan jika perlu dibuka pos kesehatan gratis di wilayah banjir.

Sehubungan hal itu, Gubernur Riau HM Rusli Zainal telah menginstruksikan Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan Riau untuk mengamil langkah penanganan masalah ini. “Bantuan harus segera dikirim untuk membantu korban, jangan sampai mereka menunggu,” ungkapnya.

Dia menyebutkan, para korban banjir memang rawan terkena penyakit, karena mereka tinggal di lingkungan yang tidak bersih. Instansi terkait dimintanya untuk segera turun tangan dalam mengatasi masalah penyakit ini agar tidak menjadi masalah yang lebih besar.

Banjir juga telah menyebabkan jalan lintas yang menghubungkan kawasan Rokan Hulu melalui Mahato menuju Rokan Hilir rusak parah. Begitu pula dengan jalan Rokan Hulu melalui Kabupaten Bengkalis yang melintasi Duri juga mengalami rusak parah.

Rusaknya kedua ruas jalan tersebut telah menimbulkan kesulitan pada masyarakat, karena arus transportasi darat menjadi terhambat. Anggota DPRD Riau T Azuwir berharap pemerintah daerah memperhatikan masalah ini, sehingga jangan sampai menganggu perekonomian masyarakat.(ad)

Posting Terkait