Bengkalis Laksanakan Lima Cabang Pertandingan

667 views
news468BENGKALIS (RiauInfo) – Berdasarkan hasil rapat koordinasi Pemprov Riau dan KONI Riau dengan KONI Kabupaten/Kota se Riau serta hasil kunjungan tim penilai KONI Pusat, Kabupaten Bengkalis layak dan dapat dipastikan menjadi tempat pertandingan beberapa cabang olahraga pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII di Riau pada tahun 2012 mendatang. Keenam cabang dimaksud, yaitu sepak takraw, tarung drajat, volly pantai, polo air, penyisihan sepak bola untuk satu grup.

Terkait dengan kepercayaan itu, Bupati Bengkalis, H Syamsurizal, Selasa (27/2) malam lalu, memaparkan langkah-langkah yang telah dan akan dilaksanakan Pemkab Bengkalis. Pemaparan yang dilaksanakan bertempat di Wisma Daerah Sri Mahkota itu, disampaikan bupati kepada Tim Pansus Dana Cadangan PON XVIII tahun 2012 DPRD Riau.

Adapun anggota Pansus yang hadir dalam temu ramah malam itu, diantaranya Ketua Tim Pansus Robin P Hutagalung, Fendri Jaswir dan AB Purba. Sedangkan dari Pemkab dan KONI Bengkalis, selain bupati, antara lain Asisten I H Burhanuddin, Ketua Harian KONI H Tuah Hasrun Saily dan Ketua Pengkab PBVSI H Nursyaruddin. Termasuk juga unsur Muspida, yaitu Ketua Pengadilan Negeri R Matras Supomo, Kajari Ersywo Zaimaru dan Wakapolres Veris Septiansyah.

Untuk Sepaktakraw, jelas bupati, pertandingan dilaksanakan di Kota Bengkalis, di Gedung Perkasa Alam Sport Hall jalan Arif Rahman. ”Kapasitas gedung untuk 2.000 orang penonton dan 50 orang VIP dengan jumlah lapangan takraw sebanyak 3 (tiga) buah,” terang Syamsurizal seraya mengatakan Pemkab dan seluruh masyaraakat Kabupaten Bengkalis menyambut baik dan siap menyukseskan PON XVIII Riau tahun 2012.

Sedangkan untuk Tarung Drajat, tambah Syamsurizal, lokasinya juga di Kota Bengkalis. Sarana gedung direncanakan di Bengkalis Sport Centre di jalan Arif Rahman. ”Gedung ini direncanakan dibangun pada tahun anggaran 2008 dengan kapasitas 1.500 orang penonton dan 60 orang VVIP,” terang Syamsurizal yang juga Ketua Umum Pengurus Besar Sepaktakraw Indonesia (PB PSTI).

Sementara untuk pertandingan volly pantai dan polo air, katanya, di pantai Selatbaru. ”Untuk polo air akan dibangun gedung kolam renang dengan standar internasional yang direncanakan juga bakal tahun 2008 mendatang,” ujar Syamsurizal ”Adapun untuk babak penyisihan salah satu grup sepakbola PON XVIII akan dilaksanakan di Kota Duri, Kecamatan Mandau,” tambahnya seraya mengatakan berbagai sarana pendukung lainnya juga akan dipersiapkan. Misalnya, sarana transprtasi dan akomodasi untuk atlit.

Pada bagian lain Syamsurizal mengatakan, selain cabang-cabang itu, sebenarnya Bengkalis juga siap menjadi tuan rumah untuk cabang menyelam. ”Di Riau ini tak ada lokasi yang lebih baik selain yang dimiliki Kabupaten Bengkalis untuk cabang menyelam ini,” ungkap Syamsurizal seraya mengharapkan adanya sharing dana untuk anggaran bagi pembangunan sarana olahraga untuk penyelenggaran PON XVIII di Bengkalis tersebut dan tidak hanya menjadi beban APBD Kabupaten Bengkalis.

Sementara itu dalam sambutan, Robin P Hutagalung menjelaskan, keberadaan Pansus ini untuk membahas Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) yang berkenaan dengan dana untuk PON XVIII di Riau tahun 2012 mendatang.

Pada kesempatan itu, Robin juga menjelaskan, bahwa banyak keuntungan yang bakal diperoleh dengan penyelenggaraan PON XVIII ini di Riau. ”Diantaranya, dapat memacu pertumbuhan ekonomi masyarakat,” terang Robin sembari mengatakan hingga saat ini masih ada sebagian masyarakat ’menolak’ Riau menjadi tuan rumah PON XVIII.

Mengenai harapan agar dalam pembangunan venus-venus olahraga itu ada sharing dana, Robin mengungkapkan hal ini akan dijadikan salah satu masukkan dalam penyusunan Ranperda dimaksud.

”Namun, jika Pemkab Bengkalis bersedia mendanainya sendiri, itu lebih baik. Sehingga alokasi dana untuk itu nantinya dapat dialokasikan untuk keperluan lain dalam penyelenggaraan PON XVIII,” ujar Robin.

 

Posting Terkait