Bengkalis, Siak dan Inhu Disiapkan Jadi Tempat Transmigrasi

286 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Pemprov Riau menyambut baik program pemerintah pusat yang menjadikan Riau sebagai salah satu provinsi di Indonesia sebagai daerah penampung transmigrasi. Untuk itu Riau telah menyiapkan tiga kabupatennya untuk menampung transmigran itu yakni Bengkalis, Siak dan Indragiri Hulu (Inhu).

Hal itu dikatakan Wakil Gubernur Riau HR Mambang Mit terkait ditandatanganinya Memorandum of Understanding (MoU) antara Depnakertrans dengan sejumlah daerah dalam bidang pelaksanaan program transmigrasi.

Dalam MoU itu Riau disebabkan sebagai salah satu daerah tujuan transmigrasi bersama daerah lainnya seperti Kalimantan Bakar, Kalimantan Selatan, Bengkulu, Sumatera Utara, Bangka Belitung, dan Sumatera Selatan (Sumsel).

Sementara itu para warga transmigrasu itu berasal dari Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Lampung, Banten, Daerah Istimewah Yogyakarta, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat dan Bali. MoU itu ditandatangani Rabu (16/12) lalu di Jakarta.

Menurut Mambang Mit, program transmigrasi ini tidak hanya untuk para pendatang, tapi bisa juga masyarakat lokal. Bahkan bisa saja dengan perbandingan 75:25 dimana 75 persen masyarakat lokal, dan 25 persen masyarakat pendatang, atau bisa pula 50:50.(ad)

Posting Terkait