Bersama Masyarakat, Riau Akan Berjuang DBH Non Migas

486 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Selain memperjuangkan pembayaran Dana Bagi Hasil (DBH) Migas secara proporsional, Provinsi Riau saat ini juga berjuang mendapatkan DBH Non Migas. Diperkirakan DBH Non Migas yang disediakan pusat untuk daerah-daerah besarnya Rp700 triliun.

Untuk itu Riau saat ini sedang melakukan perhitungan DBH Non Migas yang bisa diambil dari pusat. “Jika dilihat dari potensi yang dimiliki Riau selama ini, saya yakin DBH Non Migas yang bisa direbut Riau cukup besar,” ungkap Gubernur Riau HM Rusli Zainal di Pekanbaru.

Dia menyebutkan salah satu potensi Non Migas Riau yang palig besar adalah dari produk kelapa sawit, khususnya CPO. Dengan luas lahan mencapai 2,7 juta hektar, membuat Riau menjadi penghasil CPO sangat besar secara nasional. 30 persen produk CPO nasional dari Riau.

Dari sektor CPO ini saja diperkirakan DBH Non Migas yang dapat direbut Riau dari pusat sudah cukup besar. Belum lagi dari potensi lainnya, seperti perkebunan, potensi industri dan perdagangan. “Sekarang tim sedang melakukan perhitungan DBH Non Migas yang akan diterima Riau,” jelasnya.

Dari hasil perhitungan itu nantinya, akan diketahui berada angka ideal DBH Non Migas yang akan diterima Riau dari pusat nantinya. Jumlah itulah nantinya akan diperjuangkan ke pusat bersama-sama masyarakat Riau.(ad)

Posting Terkait