Bintan Terbesar Keempat Menghasilkan Wisman

1090 views

Wisata Bintan

JAKARTA (RiauInfo) – Kabupaten Bintan di kepulauan Riau makin sering saja dikunjungi wisatawan mancanegara. Bisa begitu, karena panorama alam Bintan sangat menarik. Pantainya landai  berpasir putih, warna air lautnya kehijau-hijauan, dilengkapi hutan tropis yang khas, kuliner yang nikmat  dan warga yang  ramah tamah menyambut wisman.

Lebih menarik lagi, seperti diutarakan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bintan, Luki Zaiman Prawira di acara jumpa pers Ironman 70.3 Bintan di FX Mall Jakarta, Kamis lalu, letak Bintan sangat strategis. Hanya butuh waktu 45 menit pelancong dari Singapura sudah bisa menikmati alam indah Pulau Bintan.

Ikut mendengarkan penuturan Luki Zaiman Prawira itu, Nia Niscaya, Asisten Deputi Pengembangan Pasar Eropa, Timteng, Amerika dan Afrika Kementerian Parwisata

“Tak pelak, Bintan kini sudah dijadikan surga berwisata bagi pelancong dari Singapura, Malaysia dan Eropa. Tiap akhir pekan banyak wisman ke Bintan,” ujar Luki Zaiman seraya menambahkan, karena seringnya wisman ke Bintan, Pemda Bintan pun menetapkan Pendapatan Asli Daerahnya, sebanyak lebih dari 50 persen, bersumber dari sektor pariwisata.

Bahkan Pemerintah pusat telah menetapkan Bintan sebagai destinasi pariwisata ke 4 terbesar menghasilkan Wisman. Terbesar pertama Bali, kemudian Jakarta disusul Batam di urutan ketiga.

Setiap tahun, kata Luki Zaiman, Bintan menghasilkan sampai satu juta wisman. Wajar jika akhirnya  Kementrian Pariwisata menargetkan Bintan menghasilkan Wisman 500 ribu  tahun ini. Jika pembangunan bandara di Bintan selesai tahun 2018 dipastikan juah wisman ke Bintan akan lebih banyak lagi.

Agar wisman bisa terus menerus datang ke Bintan, Luki Zaiman menyebutkan, pihaknya telah mengagendakan sejumlah acara sport tourism yang kebetulan disukai Wisman.

Balap sepeda international Tour de Bintan misalnya, baru saja rampung dilakukan 1-3 April lalu. Bulan depan,  digelar lagi Bintan Triathlon. Dan, 28 Agustus mendatang giliran Ironman 70.3 digelar di Bintan. Menteri Pariwisata Arief Yahya menyambut baik dan mendukung acara tersebut dilangsungkan di Bintan. (Herman Ami).

 

bintan pariwisata

Posting Terkait