BMG Pekanbaru Laporkan Hotspot Nihil Hari Ini

305 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Meski asap telah menaungi sebahagian wilayah Riau, namun titik api hari ini dilaporkan telah berada di titik nol. Angka ini tidak saja untuk wilayah provinsi Riau semata, tapi seluruh wilayah Sumatera dilaporkan tidak ada titik api sama sekali.

BMG Pekanbaru menyatakan asap yang terlihat saat ini adalah sisa kebakaran hutan dan lahan kemarin di beberapa wilayah Riau yang masih tersisa hingga hari ini. Kemarin satelit NOAA 18 melaporkan sedikitnya ada 5 titik api yang tersebar di 4 wilayah Riau. Titik api tersebar di Dumai 2 titik, Bengkalis, Siak dan Pelalawan masing-masing satu titik. “Hari ini titik apinya nol,”ujar Slamet dari BMG Pekanbaru kepada RiauInfo, Jumat (15/02) di Pekanbaru.

Menurut BMG, secara teknis, NOAA 18 akan menangkap titik api dengan suhu diatas 45’C dengan luas minimal 60 hektar, dengan begitu satelit akan mencatat sebagai satu Hotspot di daerah tersebut. Diperkirakan asap yang masih menyelimuti beberapa wilayah Riau umumnya saat ini adalah sisa asap dan tambahan asap kebakaran yang mulai diredakan oleh tim pemadam kebakaran.

Sejumlah daerah saat ini masih mengalami kebakaran dan bahkan telah merambah ke pemukiman warga. Seperti di Pelintung, Dumai, di Kecamatan Tanah Putih, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil). Selain di Tanah Putih, kebakaran di wilayah Rohil juga terjadi di Desa Mamugo, perbatasan Rohil-Dumai. Namun hari ini BMG Pekanbaru melaporkan hasil satelit NOAA 18 tidak menangkap satupun titik api di Riau maupun di wilayah Sumatera lainnya.(Surya)

Posting Terkait