BMG: Sejumlah DAS Riau Rawan Banjir

575 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Stasiun Pekanbaru membaca sejumlah Daerah Aliran Sungai (DAS) provinsi Riau rawan banjir. Pantauan ini menyusul curah hujan yang mulai meninggi di wilayah Riau sendiri maupun di provinsi tetangga, seperti di Sumatera Barat dan Sumatera Utara bulan ini. 

Blucer Dolog Saribu yang menjabat kepala BMG Pekanbaru, melalui staf analisa Ardhitama mengatakan, intensitas hujan meninggi di provinsi Sumatera Barat biasanya akan meningkatkan permukaan air sungai di kabupaten Rokan Hulu di provinsi Riau.

Sedangkan hujan di Sumatera Utara juga akan mempengaruhi keringgian air DAS wilayah kabupaten Rokan Hilir di provinsi Riau. Sementara itu, peluang hujan yang relatif tinggi di Riau sendiri akan menambah rawan banjir DAS Siak dan kabupaten Kampar.

Menurut BMG Stasiun Pekanbaru, gejala hujan berpeluang terjadi sepanjang hari ini di Riau. Sebagian wilayah Riau akan mengalami hujan ringan, sedang hingga lebat. Hingga Selasa (7/10) sore ini, awan masih terlihat mendominasi langit kota Pekanbaru. Menurut BMG, keadaan itu juga merata terjadi di wilayah Riau hari ini.

Wilayah itu seperti wilayah Kota Pekanbaru, Pelalawan bagian Barat, Kuantan Singingi (Kuansing), Kampar, Rokan Hulu (Rohul), Rokan Hilir (Rohil) termasuk dalam Riau Bahagian Tengah dan Barat. Menurut BMG, wilayah Riau Tengah dan Barat tersebut mempunyai peluang hujan berintensitas sedang hingga lebat. Sedangkan peluang hujan dengan intensitas ringan hingga sedang akan terjadi di wilayah Riau lainnya. Sehingga peluang banjir kian luas untuk wilayah Riau bulan ini.(Surya)



Posting Terkait