BPOM Diminta Perketat Pengawasan Produksi Makanan Asal Cina

485 views

PEKANBARU (RIauInfo) – Terkait diberlakukannya perdagangan bebas antara Cina dengan negara-negara Asiean (ACFTA), dipastikan akan semakin banyak produk-produk makanan asal Cina berada di wilayah Riau. Hal ini tentunya perlu adanya pengawasan yang lebih ketat.

Sehubungan hal itu, Ketua MUI Riau, Mahdini mengharapkan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Dinas Perindustrian Riau memperketat pengawasan terhadap produk makanan asal Cina agar label halal tetap terjaga.

Dia menyebutkan, selama ini masyarakat hanya menilai sisi harga murah dan selalu mengabaikan sisi kualitas dan kehalalan dari produk makanan tersebut. Ini tentunya dikhawatirkan akan berdampak sangat berbahaya bagi para konsumen.

Dikatakannya, untuk pengawasan dari baang-barang tersebut tentunya diperlukan kordinasi yang baik antar pihak terkait. Selain itu diperlukan sosialisasi yang lebih luas di tengah masyarakat, sehingga masyarakat benar-benar mengetahui.

“Sertifikasi halal tetap harus dijaga, termasuk mahasiswa melamin yang terkandung di dalam makanan,” tambah Mahdini lagi. Persoalan halal ini tidak hanya terfokus pada makanan dan daging saja, tapi juga terhadap obat-obatan.(ad)

Posting Terkait