Bujang Dara Sebagai Duta Wisata

427 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Pekanbaru mencari duta wisata untuk memperkenalkan sektor budaya dan wisata daerah Riau. Langkah ini merupakan upaya memasyarakatkan budaya Melayu sesuai falsafah takkan hilang Melayu di bumi.


Anggaran untuk mendukung dunia kepariwisataan mencapai Rp4 miliar dari APBD Pekanbaru 2010 ini. Dalam beberapa tahun silam, kegiatan pemilihan bujang dan dara merupakan salah satu uapaya tersebut. Bujang dan dara ini diseleksi di tingkat kota dan juaranya dikirim ke tingkat provinsi. Pemenang inilah yang nantinya akan ditunjuk menjadi duta wisata.

“Sekarang dalam proses, pelaksanaan event ini akan mengambil momen memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-226 Kota Pekanbaru yang jatuh pada Juni mendatang,” ujar Kadisbudpar Pekanbaru, Syahril Manaf.

Menurut Syahril, banyak potensi kepariwisataan khususnya di bidang budaya Melayu yang perlu dipopulerkan dan diperkenalkan ke masyarakat luar dalam upaya menonjolkan budaya daerah ini.

“Ini peran besar dari duta wisata itu. Pada dasarnya, event-event yang digelar, juga dengan harapan bagaimana masyarakat bisa kenal dengan daerah ini. Dengan mereka datang ke kota ini, maka mereka tahu budaya daerah ini. Sebab itu, beberapa event-event juga digelar secara rutin setiap tahun dalam menyemarakkan HUT Pekanbaru, seperti festival tari, sepeda santai ontel, lomba kicau mania yang akan memperebutkan piala bergilir dan piala tetap Walikota. Termasuk juga lari 10 K, yang sudah rutin setiap tahun dilakukan,”terang Syaril.(Surya/pde)

Posting Terkait