Bulog Jamin Persediaan Beras di Riau Cukup

336 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Pemanasan global yang berakibat tidak menentunya iklim dunia, berdampak pada sektor pertanian. Ini dikhawatirkan akan menimbulkan Krisis pangan dunia termasuk Indonesia yang merembes pada kenaikkan harga beras.

Namun hal tersebut dibantah keras oleh Kepala Bulog Divisi Regional Riau Ir Husein A Harahap di ruang kerjanya di jalan Cut Nyak Dien Pekanbaru. Menurutnya jika melihat data yang ada, tidak mungkin terjadi kelangkaan beras apalagi Provinsi Riau yang kaya akan pangan ini.

Dikatakannya, sampai saat ini dari hasil pertanian masyarakat saja sudah mencukupi bahkan terbilang surplus ditambah lagi dengan beras bulog sebagai beras cadangan.

Diakuinya Bulog tidak mempunyai data kongkrit tentang hasil pertanian. Namun diperkirakan, beras produksi Riau sendiri yang berkisar 45 persen ditambah dengan beras dari luar provinsi seperti Sumatera Barat dan Sumatera Selatan yang telah menyuplai telah mampu memenuhi pangan masyarakat Riau.

Hanya, jika berbicara tetang bencana alam seperti banjir, tingginya curah hujan di beberapa daerah penghasil beras pasti ada imbas, namun tidak sampai menimbulkan hal-hal menimbulkan kekhawatiran.

Pada tahun 2013, Provinsi Riau diharapkan akan meraih swasembada beras. Pihak bulog sendiri sudah berkoordinasi terhadap semua pihak terkait tentang langkah atau kebijakan yang akan kita berikan.

Kenapa 2013 diharapkan Riau mengalami swasembada beras? Karena Riau sebenarnya daerah yang kaya akan hasil pertanian. Dan jika ini benar-benar bisa dikelola dengan baik, maka tidak tertutup kemungkinan Riau tidak lagi terlalu bergantung pada hasil pertanian daerah lain.

Ketika ditanya langkah apa yang diambil dalam mencapai swasembada tersebut. Salah satunya dengan cara menggerakan Operasi Pangan Riau Mandiri (OPRM) dengan target 1000 Ha.

OPRM inilah nantinya yang bekerja bagaimana memacu para petani dalam mengelola dan menggerakkan hasil pertanian seperti memberi bantuan bibit terbaik, pupuk, merawat, hingga kemudian membantu di pasaran. Apabila ini benar-benar dilaksanakan mudah-mudah apa yang kita harapkan dapat tercapai.(muchtiar)

 

Posting Terkait