Camat Harus Aspiratif, Kreatif, Inovatif, Dan Cepat Tanggap

563 views
TAPUNG HILIR (RiauInfo) – Pemerintah Kecamatan dituntut lebih aspiratif, kreatif, inovatif, dan cepat tanggap terhadap perkembangan situasi dan kondisi masyarakat begitu juga dengan berbagai permasalahan social kemasyarakatan yang terjadi di masyarakat.

Demikian dikatakan Bupati Kampar H Burhannuddin Husin saat memberikan sambutan pada acara serah terima Camat Tapung Hilir dari Jonpriadi kepada Masrur di Desa Tanah Tinggi Kabupaten Kampar, Jum’at (07/01/2011) kemarin.

Burhannuddin menegaskan Camat harus mampu mengkoordinasikan dengan instansiterkait dan unsure-unsur kelembagaan yang ada di masyarakat selain itu juga camat sebagai perangkat daerah/SKPD yang mempunyai kekhususan dibandingkan dengan perangkat SKPD lainnya dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya dalam rangka mendukung pelaksanaan asa desentraliusasi.

Turut hadir pada acara tersebut Setdakab Kampar H Zulher, Asisten I H Zamhur, Asisten II H Zulfan Hamid, Kadis Kesehatan Kabupaten Kampar H Herlyn Rahmola, Kadis Koperasi, Kepala Bappeda H Nurahmi, Kadis Dikpora H Amri Salam, Kadis Perhubungan dan Infokom H Nukman Hakim, Kadis BPPKB Hj Nuraisyah, Kepala BKD Dra H Jonsabri, Kepala BPPKB H Aliman Makmur, Kepala BKBPPM Erdiot, Kepala Disnakersos H Basrun, Anggota DPRD Kampar Catur Sugeng Susanto, Kabag Keuangan Setdakab Kampar H Bustami HY, Camat Tapung Hilir Masrur beserta Upika Tapung Hilir dan Camat Siak Hulu Jonpriadi.

” Ada beberapa agenda penting yang akan dilaksanakan kedepan yang perlu mendapat perhatian bersama terutama pada camat dan kades diantaranya pelaksanaan Pemilikada Kabupaten Kampar 2011. Sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Kampar bahwa Kabupaten Kampar akan melaksanakan Pemilukada/Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kampar periode 2011-2016 pada tanggal 16 Oktober 2011 untuk itu seluruh Camat untuk dapat memberikan dukungan
demi kelancaran pelaksanaan Pemilukada Kabupaten Kampar nantinya,” ujar Burhanuddin.

Berkaitan dengan itu yang perlu diperhatikan adalah tentang pendataan penduduk yang akan ditetapkan sebagai pemilih dalam Pemilukada karena beberapa permasalahan atau sengketa pemilukada yang terjadi diberbagai daerah sebahagian besar disebabkan oleh permasalahan pendataan penduduk yang tidak akurat.

Burhanuddin juga menekan kepada Camat agar selalu berkoordinasi dengan KPUD Kabupaten Kampar berkenaan dengan penyiapan kelembagaan pelaksanaan Pemilukada tingkat Kecamatan dan Desa seperti pembentukan PPK,Panwas Kecamatan,PPS dan KKPS.

” Kepada masyarakat saya berharap agar selalu proaktif dan peduli dalam pelaksanaan Pemilikada Kabupaten Kampar karena sukses atau tidaknya penyelenggaaraan dan pelaksanaan Pemilukada nantinya sangat ditentukan oleh dukungan dan partisipasi segenap masyarakat yang ada di Kabupaten Kampar,” pesan Bupati Kampar.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Kampar juga menyampaikan pemasalahan-permasalahan yang sangat krusial yang sedang dihadapi serta menjadi perhatian bersama diantaranya kemiskinan. Dalam hal ini pemerintah telah melaksanakan berbagai program/kegiatan pengentasan kemiskinan masyarakat dan peningkatan pendapatan masyarakat diantaranya di sektor pertanian, perindustrian, koperasi dan peningkatan infrastruktur lainnya sehingga melalui berbagai program/kegiatan tersebut berdampak cukup signifikan
terhadap penurunan angka kemiskinan di kabupaten Kampar.

Berdasarkan data badan pusat statistic Kabupaten Kampar bahwa dari 26 persen tingkat kemiskinan di kabupaten Kampar sekarang ini tingkat kemiskinan masyarakat kabupaten Kampar berada di angka 19,5 persen diatas angka tingkat kemiskinan provinsi riau yaitu diangka 13,5 persen.

” Saya sampaikan bahwa masih rendahnya tingkat sumber daya manusia cenderung rendahnya tingkat pendapatan masyarakat sehingga berdampak kepada kemiskinan sebagaimana yang terjadi saat ini,” kata Bupati Kampar.

Program/kegiatan yang dilaksanakan Pemerintah Kabupten Kampar saat ini adalah peningkatan infrastruktur pendidikan, peningkatan mutu pendidikan, peningkatan kesejahteraan guru dan lain-lain dan berharap dengan terlaksananya program/kegiatan tersebut tahun 2011 ini di Kabupaten Kampar tidak ada lagi anak usia sekolah yang tidak sekolah.

Bupati Kampar juga berharap agar terpenuhi kebutuhan masyarakat disegi pelayanan untuk itu camat harus menempati rumah dinas yang berada di wilayah kecamatan yang telah disediakan oleh pemerintah daerah agar masyarakat yang membutuhkan pelayanan camat setiap saat dapat terlayani secara baik.

Demikian pula tokoh masyarakat/ninik mamak untuk dapat memberikan dukungan dalam rangka peningkatan pembangunan di kecamatan Tapung Hilir serta kepada istri camat selaku ibu ketua Tim PKK kecamatan untuk dapat memberikan dukungan kepada suami terutama dalam menjalankan program-program pemerintah dan pembangunan demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Selanjutnya Bupati Kampar juga mengucapkan selamat kepada Camat Tapung Hilir yang baru Masrur dan ucapan terima kasih kepada kepada camat lama Jonpriadi yang menempati
jabatan baru yaitu Camat Siak Hulu.

Usai acara serah terima Camat Tapung Hilir dilanjutkan dengan acara silahturahmi dan temu ramah Bupati Kampar bersama seluruh anggota KORPRI dan PGRI se-Kecamatan Tapung Hilir dan memberikan pengarahaan tentang berbagai kebijakan Pemerintah Daerah dalam meningkatkan kesejahteraan aparatur pemerintah dan masyarakat guna tercipta pembangunan yang adil dan merata di setiap Kecamatan dan Desa.(arief)

Posting Terkait