CAPAI 5 METER… Gelombang Masih Status Warning di KeprI

449 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Stasiun Pekanbaru memperingatkan pelayaran terhadap gelombang tinggi maksimum mencapai 5 meter di sejumlah perairan provinsi Kepulauan Riau Kepri Minggu (14/12) ini. BMG juga menyatakan keadaan gelombang itu masih dalam status Warning bagi pelayaran. 

Kepala BMG Pekanbaru Blucer Dolog Saribu melalui staf analisa Warih mengatakan, gelombang yang membahayakan pelayaran itu terjadi di perairan Selat Batam dan Singapura. Daerah yang padat jalur pelayaran itu masih mengalami gelombang mencapai 2 hingga 3 meter hari ini.

Sedangkan ketinggian gelombang maksimum mencapai 3 hingga 5 meter terjadi di wilayah perairan Pulau Tujuh Natuna, Matak, Dabo Singkep, Tarempa dan sekitarnya. BMG Pekanbaru mendapatkan, gelombang tinggi itu muncul akibat masih adanya pusaran angin di atas permukaan laut China Selatan yang relatif dekat dengan perairan Kepri tersebut.

Menurut BMG, pusaran angin dan tekanan rendah biasanya disertai cuaca buruk di sejumlah perairan hingga menimbulkan gelombang tersebut. Namun BMG melaporkan perairan pesisir Riau dan Selat Melaka relatif aman dengan ketinggian gelombang kurang dari satu meter hari ini.(Surya)

 

Posting Terkait