CFCD Riau Jalin Kerjasama dengan IDI Pekanbaru

581 views

image

PEKANBARU.(RiauInfo) – Corporate Forum for Community Development (CFCD) Riau, sebuah organisasi beranggota perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Bumi Lancang Kuning yang memiliki kepedulian dalam pengembangan masyarakat, menjalin kerjasama dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Pekanbaru. Kerjasama tersebut dalam rangka mewujudkan program CFCD, yakni bantuan kesehatan kepada masyarakat tempatan.

Pembicaraan kesepakatan kerjasama tersebut dilakukan kedua pihak dalam pertemuan khusus di Sekretariat IDI Pekanbaru, di RS Awal Bros, Sabtu (15/11). Pihak CFCD, dihadiri langsung ketuanya Ir Nurul Huda MH MIkom, Doni Asmon, dan Dr Rawa El Ahmadi, salah satu anggota tim ahlinya. Sedangkan tim IDI dihadiri Ketua IDI Cabang Pekanbaru, dr Zul Asdi SpB serta beberapa angotanya, antara lain dr Elmi Ridar SpA dan dr Iqbal.

Dalam pembicaraan itu disepakati kerjasama ini akan dituangkan dalam penandatanganan Nota kesepahaman (MoU) antara CFCD dengan IDI Cabang Pekanbaru, pada tanggal 4 Desember mendatang. “Kita sepakat penendatanganan MoU ini disaksikan Plt. Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman,” kata Nurul Huda.

Nurul berharap, dengan MoU ini nantinya, pihak IDI dapat terlibat langsung dalam setiap kegiatan bantuan kesehatan masyarakat yang diselenggarakan CFCD. Apalagi, kesehatan adalah salah satu pilar kegiatan utama organisasi yang dipimpinnya itu.

Sedangkan dr Zul Asdi mengatakan, selain kegiatan jangka panjang, pihaknya juga berharap pihak perusahaan di Riau, yang memiliki puluhan ribu karyawan, melalui CFCD dapat menjadi pendonor darah tetap, terutama bagi penderita penyakit kronis seperti thalasemia, hemofilia dan sebagainya. “Kami juga butuh bantuan penyediaan rumah singgah di Pekanbaru, bagi para penderita penyakit itu, terutama  mereka yang miskis dan datang dari berbagai daerah,” katanya.

Nuruh Huda juga menyatakan siap mendukung kegiatan HUT IDI ke-64, yang akan menggelar Pekan Peduli Disabilitas dan Kanker Darah Anak di Pekanbaru, awal bulan depan.

Rangkaian kegiatan HUT IDI ini sudah dimulai. Namun, puncak kegiatan pekan peduli akan digelar 1-6 Desember 2014 mendatang. Kegiatan yang sedang berlangsung adalah serial talkshow kesehatan di TVRI dan RRI Pekanbaru. Sedangkan pekan peduli nanti, antara lain akan diisi dengan kunjungan anggota IDI ke Unit Rehabilitasi Medik, Pusat Palsi Serebral, Thalasemia Center, dan Unit Kanker Anak, baik di RSUD maupun RS Swasta di Pekanbaru.

Selanjutnya, juga digelar donor darah yang bekerjasama dengan PMI. Pada donor darah ini, selain anggota IDI sendiri, juga akan merangkul pihak lain sebagai pendonor. Diantaranya kalangan kepolisian, TNI, birokrat, organisasi wanita, wartawan dan masyarakat umum yang berminat.

IDI melibatkan semua pihak dalam donor darah, karena ingin membantu  penyediaan darah tetap untuk anak-anak penderita Thalasemia (kelainan darah), Hemofilia (darah sukar membeku) dan Leukemia (kanker darah). “Untuk 120 anak Thalasemia saja, dibutuhkan sebanyak 360 kantong darah sebulan,” ujar Dr Ririe. 

Untuk menjamin ketersediaan stok darah itu, lewat kegiatan donor darah tadi, IDI berharap dapat dicanangkan konsep “Ten for One”, dimana setiap satu anak Thalasemia memperoleh 10 orang donor darah tetap.

Selain itu HUT IDI Pekanbaru juga akan diisi dengan Seminar Awam “Masalah Kesulitan Makan Pada Anak”. Seminar yang akan berlangsung 6 Desember di Hotel Pangeran ini, akan menampilkan dr Yuliati SpA IBCLC, dan dr Tengku Misdalia SpKFR MKes. Seminar ini terbuka untuk umum.

Pada hari dan tempat yang sama, juga akan berlangsung Seminar Medis  “Deteksi Penyakit Kronis yang Mempengaruhi Tumbuh Kembang Anak pada Unit Pelayanan Primer.”  Seminar yang hanya diikuti para dokter dan kalangan medis terkait ini, akan menampilkan dr Wiwit Ade FW MBiomed SpA, dr Elmi Ridar SpA, dr Tb Odih R SpBA, dr Ismet SpA, dan dr Frida Yenti SpPK.

Rangkaian HUT IDI Cabang Pekanbaru akan ditutup dengan Malam Peduli pada Sabtu (6/12) malam. Acara ini akan dikemas menarik dengan menampilkan kebolehan seni anak-anak penyandang Thalasemia, dan penampilan khusus artis Putri, juara Indonesia’s Got Talent sebuah TV swasta nasional.

Posting Terkait