Chevron Bantu Bibit dan Pakan Ikan untuk Masyarakat Sakai  

589 views

Duri – Untuk meningkatkan kemandirian ekonomi masyarakat suku Sakai yang berada di daerah sekitar operasional perusahaan, SKK Migas-PT Chevron Pacific Indonesia (PT CPI) memberikan bantuan bibit dan pakan ikan melalui Karang Taruna Kencana Bakti Desa Petani. Selain 30.000 bibit ikan lele dumbo beserta pakannya, perusahaan juga memberikan bantuan lain yaitu 2000 bibit ayam potong dan 500 ekor bebek petelur. Pemberian bantuan diserahkan hari ini langsung di lokasi pertanian terpadu, Pematang Pudu, Duri.

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan berbagai lomba khas 17 Agustus. Tampak hadir dalam acara ketua tokoh-tokoh masyarakat suku Sakai, Giatno mewakili Koranmil Mandau & Pinggir, manajemen Chevron dan anggota masyarakat Sakai lainnya. Kumpulnya berbagai elemen menjadi ajang untuk mempererat tali silaturahmi dan kebersamaan. Dalam sambutannya, Iwan Azof mewakili manajemen Chevron menyatakan apresiasinya kepada semua pihak yang hadir dan menyemarakkan acara hari itu. Lomba-lomba tradisional seperti gasing, panjat pinang, dayung sampan, tarik tambang sengaja diadakan untuk meningkatkan kebersamaan sekaligus melestarikan budaya melalui permainan tradisional Indonesia.

Pertanian terpadu di Pematang Pudu merupakan salah satu program unggulan binaan Chevron di bidang pemberdayaan ekonomi. Program ini telah bergulir sejak tahun 2012. Dalam mengembangkan program ini, perusahaan bekerjasama dengan masyakarat suku Sakai melalui peningkatan produktivitas lahan pertanian seluas ± 9 Ha dan kolam ikan seluas ±3 Ha. Saat ini, pertanian terpadu telah melibatkan 12 petani, menghidupi 60 jiwa masyarakat suku Sakai dan sudah menjadi proyek percontohan di wilayah lain.

Posting Terkait