Chevron Bantu Kelompok Tani Komite Handalan Melayu

1006 views

Foto 1_Serah terima bantuan kandang untuk 3500 ekor ayam dan sarana produksi ternak dari Chevron untuk kelompok tani komite handalan melayu di Desa Sebangar Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis

PEKANBARU (RiauInfo) — PT Chevron Pacific Indonesia (Chevron) terus menggulirkan berbagai program yang mendukung ekonomi kerakyatan di sekitar wilayah operasinya. Yang terbaru, Chevron membantu salah satu kelompok tani di Kecamatan Mandau, Bengkalis, berupa kandang untuk 3.500 ekor ayam dan sarana produksi ternak. Bantuan diserahkan oleh perwakilan manajemen Chevron, Manager PGPA Duri Bekasap Iwan Azof, kepada ketua Kelompok Tani Komite Handalan Melayu Ali Mujahidin dalam sebuah acara di Desa Sebangar pada hari Selasa, 8 Maret 2016.

Serah terima bantuan turut disaksikan oleh Kepala Desa M. Nazrin selaku Pj. Kepala Desa Boncah Mahang bersama sejumlah pemangku kepentingan lainnya. Dalam kesempatan ini, Nazrin memberikan apresiasi kepada Chevron. Nazrin berharap agar kelompok dapat menjalankan usaha ternak dengan sungguh-sungguh dan dikelola secara berkelanjutan.

Bantuan ini merupakan hasil sinergi antara Chevron dengan PT Satwa Mitra Anugerah (SMA). Chevron menyediakan fasilitas kandang dan sarana produksi ternak sedangkan PT SMA menyediakan 3.500 ayam potong pedaging. Iwan Azof menyatakan apresiasinya terhadap penerima manfaat. “Saya bangga terhadap kelompok tani ini, semoga ke depannya program ini lebih berkembang,” tuturnya.

Sementara itu, ketua kelompok tani Ali Mujahidin turut mengucapkan terima kasih kepada Chevron yang telah membantu  masyarakat. “Selama ini pihak Chevron di samping memberikan bantuan fisik, juga telah memberi pelatihan-pelatihan kepada kelompok serta telah memperkenalkan kelompok dengan para pelaku usaha ayam pedaging baik pasar maupun input supplier-nya,” tutur Ali. Hal senada juga diungkapkan oleh Munir selaku Ketua Harian Komite Reformasi Pembela Hak Putra Melayu Riau (KRPHPMR) yang juga merupakan penasihat Kelompok Tani Komite Handalan Melayu.

Bantuan kandang ayam dan sarana produksi ternak diberikan Chevron melalui Program Promoting Sustainable Integrated Farming, Small Enterprise Cluster and Microfinance Access (PRISMA). Pemberian bantuan bertujuan mendukung kegiatan kelompok ternak dan diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat luas.

Pada Program PRISMA, Chevron bekerja sama dengan mitra pelaksana dalam melakukan pembinaan, penyebaran peralatan pendukung program dan pendampingan di lapangan guna meningkatkan kemampuan masyarakat dalam menjalankan usaha. Saat ini, Program PRISMA sudah bergulir di beberapa wilayah operasi Chevron seperti Kabupaten Rokan Hilir, Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Siak, Kabupaten Kampar, Kota Pekanbaru dan Kota Dumai. (rls)

 

bengkalis chevron

Posting Terkait