Chevron Bantu Tingkatkan Akreditasi Perguruan Tinggi di Riau

1092 views

Chevron-Bantu-Tingkatkan-AkreditasiPEKANBARU (RiauInfo) – Pendidikan merupakan salah satu investasi yang sangat berharga bagi setiap individu. Oleh karenanya masyarakat mulai memberi perhatian lebih terhadap akreditasi program studi di perguruan tinggi.  Akreditasi menjadi standar mutu suatu lembaga pendidikan, sehingga diharapkan setiap perguruan tinggi dapat meningkatkan kualitas dan daya saing lulusannya.

Menyadari pentingnya akreditasi, SKKMigas–PT Chevron Pacific Indonesia (Chevron) mengadakan program kemitraan University Relationship Program (URP) dengan perguruan tinggi di Riau. Dalam URP kali ini, SKKMigas-Chevron menjalin kerjasama dengan Universitas Riau khususnya Fakultas Teknik Kimia.

Penandatanganan nota kesepakatan dan nota kesepahaman URP SKKMigas-Chevron dengan Universitas Riau  berlangsung Kamis (20/3) di fakultas Teknik Kimia Universitas Riau yang dihadiri oleh Pembantu Rektor IV, Dr Adhy Prayitno dan Pjs General manager PGPA Sumatra, Sainur Arif.

Dalam sambutannya, Dr. Adhy Prayitno memberikan apresiasi kepada SKKMigas-Chevron atas kepeduliannya dalam meningkatkan pendidikan di Provinsi Riau. Harapannya melalui sinergi ini, hubungan antara institusi pendidikan dengan SKKMigas-Chevron selaku perwakilan dari dunia industri akan lebih baik lagi serta dapat terus memberikan manfaat untuk lingkungan sekitarnya.

Sainur Arif, Pjs. GM PGPA Sumatra dalam kesempatan yang sama menuturkan bahwa URP merupakan program kemitraan dengan perguruan tinggi di Riau sejak tahun 2008. Fokus utama URP adalah menambah sarana pendidikan berupa peralatan laboratorium, buku-buku perpustakaan agar dapat mengembangkan kapasitas (capacity building) pengajar serta siswa.

Diharapkan setelah menerima manfaat URP, akreditasi Fakultas Teknik Kimia, Universitas Riau meningkat dari B menjadi A. Perguruan tinggi lain di Riau yang telah bekerjasama dalam URP adalah Universitas Lancang Kuning, Politeknik Caltex Riau, Universitas Islam Riau dan Universitas Muhamadiyah Riau.

Pada tahun 2001-2006, Chevron juga sudah mengembangkan kapasitas para pengajar di Riau dengan memberikan beasiswa S2 dan S3 bagi dosen dari Universitas Riau, Universitas Lancang Kuning, Universitas Islam Riau, Politeknik Caltex Riau dan UIN Susqa. Beasiswa tersebut berupa bantuan biaya hidup, biaya buku, dana penelitian, serta di akhir pendidikan para dosen mendapatkan bantuan pembuatan disertasi dan penggandaan proposal.

Perhatian di bidang pendidikan terus ditingkatkan perusahaan karena sesuai dengan fokus investasi sosial yaitu: pendidikan, pengembangan ekonomi dan kesehatan. Melalui 3 fokus investasi sosial tersebut, SKK Migas-Chevron berupaya untuk memberikan manfaat dan kontribusinya bagi masyarakat.(rls/ad)

Posting Terkait