Chevron Kampanyekan Lingkungan Sehat dan Produktif

655 views

Manager PGPA Duri Bekasap, Iwan Azof foto bersama peserta jalan santai dalam rangka kampanye lingkungan sehat dan produktif di Kelurahan Pematang Pudu, Kecamatan Mandau pada 3 April 2016

PEKANBARU (RiauInfo) –  PT Chevron Pacific Indonesia (Chevron) bekerja sama dengan Yayasan Kumala,Yayasan Kehati, dan kelompok karang taruna Desa Pematang Pudu, Kecamatan Mandau, Duri, menggelar kampanye lingkungan sehat dan produktif pada 3 April 2016. Sosialisasi dilaksanakan lewat kegiatan jalan santai bersama sembari memungut sampah di sepanjang jalan. Sampah yang terkumpul kemudian diserahkan ke bank sampah untuk didaur ulang menjadi produk bernilai ekonomi.

Jalan santai yang diikuti oleh 180 warga Pematang Pudu ini dibagi menjadi 30 grup. Rute sepanjang lebih kurang tiga kilometer ini dimulai dari lapangan RT 1 RW 16, Kelurahan Pematang Pudu, dan berakhir di tempat yang sama dengan mengelilingi beberapa RW. Sejumlah pegawai Chevron yang diwakili oleh tim Policy, Government & Public Affairs (PGPA) Duri-Bekasap, tampak hadir memeriahkan acara.

“Selain menjaga kesehatan tubuh, kampanye bersih ini juga bertujuan untuk menjaga kesehatan lingkungan,” tutur Iwan Azof selaku Manager – PGPA Duri Bekasap saat membuka acara. “Semoga kegiatan ini dapat menjadi pionir dan berkembang ke wilayah yang lainnya.”

 

“Kami sangat senang dengan diadakannya kegiatan ini. Selain mendapat informasi yang lengkap tentang bank sampah, kami juga punya kesempatan langsung untuk mendaftar sebagai nasabah bank sampah,” ujar Darsih, salah satu peserta jalan santai. Ia pun berharap kegiatan ini dapat berkelanjutan dengan jumlah peserta yang lebih ramai.

Program Bank Sampah di Pematang Pudu, Kecamatan Mandau, Duri, merupakan salah satu program investasi sosial Chevron di bidang kesehatan dan pemberdayaan ekonomi. Peran aktif masyarakat dalam mengelola sampah sangat penting bagi perkembangan program ini. Limbah rumah tangga seperti tas plastik, botol kaca, kertas koran, kaleng aluminium, dan lain-lain didaur ulang menjadi aneka produk yang memiliki nilai jual baik. Adanya nilai ekonomis mendorong semakin bertambahnya nasabah bank sampah.

Dalam program Bank Sampah, Chevron mengajak semua pihak untuk turut aktif dalam mengelola sampah dan menjaga kelestarian lingkungan/alam. Selain mendirikan bank sampah, Chevron juga melakukan penanaman pohon, mendukung program kampung iklim serta mengadakan serangkaian kegiatan pelestarian untuk habitat gajah Sumatera. (rls)

Peserta Kampanye Lingkungan Sehat dan Produktif yang digelar Chevron pada 3 April 2016 di Kelurahan Pematang Pudu, Mandau

chevron

Posting Terkait