Chevron Kirim Bantuan Darurat untuk Korban Gempa

505 views

PEKANBARU (RiauInfo) – Gempa bumi kembali terjadi. Kini Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) yang merupakan tetangga Provinsi Riau yang menjadi titik pusat gempa. Gempa berkekuatan 5.8 skala Richter yang terjadi Selasa (6/3) sekitar pukul 11.00 dan 13.00 WIB ini menghancurkan beberapa daerah di Provinsi Sumbar.

Puluhan korban meninggal dunia dan ratusan mengalami cedera dan luka. BPMIGAS – PT. Chevron Pacific Indonesia (CPI) langsung menanggapi kejadian ini dengan mengirimkan bantuan darurat ke daerah yang tertimpa musibah alam ini.

Sehari setelah gempa di Sumbar, CPI segera memberangkatkan bantuan kemanusiaan dengan menggunakan 1 unit truk. Bantuan yang seluruhnya berjumlah 388 kardus ini terdiri dari 36 kardus obat-obatan dan botol-botol infus, selebihnya sebanyak 352 kardus terdiri dari makanan dan minuman berupa biskuit, susu kotak dan air mineral.

Bantuan tahap pertama ini diserahkan kepada pihak yang membutuhkan dengan bantuan kerjasama SATKORLAK kota Bukittinggi. Bersamaan dengan itu, tim pemberi bantuan dari CPI terus melakukan identifikasi di beberapa lokasi lain untuk mendapatkan informasi detail yang bisa dijadikan acuan bagi CPI untuk melakukan pertimbangan terhadap pemberian bantuan lanjutan.

Berdasarkan informasi dari lapangan, akhir minggu lalu (10/3), CPI memberangkatkan kembali bantuan dua sebanyak 1 unit truk. Bantuan yang terdiri dari 14 koli selimut dan sembako tersebut diberikan kepada korban gempa di Kabupaten Tanah Datar dan Kabupaten Solok. Diperkirakan pertengahan minggu ini akan diberangkatkan kembali bantuan berupa selimut, obat-obatan dan sembako untuk korban gempa di daerah Padang Panjang.

CPI telah membuka rekening bank untuk menghimpun dana dari karyawan dan organisasi pekerja di CPI yang ingin memberikan bantuannya. CPI akan menyediakan ”dana bantuan pendampingan” perusahaan sebesar dana yang disumbangkan oleh karyawannya, berdasarkan azas 1 untuk 1 (match on 1-for-1 basis) untuk semua sumbangan yang bersumber dari karyawan.

Dana pendampingan ini akan disumbangkan untuk program “Kepedulian Chevron Kepada Korban Gempa Sumbar”. Dengan model dana pendampingan dari perusahaan ini, diharapkan para karyawan akan lebih termotivasi untuk berpartisipasi menyumbangkan bantuan untuk para korban yang terkena penderitaan dan musibah.

Beberapa kelompok karyawan CPI yang berasal dari Sumbar yang tergabung dalam beberapa organisasi sosial juga telah berhasil menghimpun bantuan dan turut serta bersama dengan tim pemberian bantuan CPI menyalurkan bantuan kepada para korban gempa.

Tidak ketinggalan beberapa organisasi sosial di lingkungan CPI serta Yayasan Dharma Bakti Karyawan CPI (YDBKC) pun telah membuka rekening dan mengundang partisipasi di kalangan internal karyawan untuk menggalang dana membantu para korban gempa.(Ad)

 

Posting Terkait