Chevron Rangkul Masyarakat dalam Pengelolaan Air Bersih

747 views

 

Foto 1_Peresmian Failitas Air Bersih di Masjid Al-Ikhlas Kelurahan Bukit Kayu Kapur Dumai

PEKANBARU (RiauInfo) – Delapan puluh lima kepala keluarga (KK) di Kelurahan Bukit Kayu Kapur menerima fasilitas air bersih dari PT Chevron Pacific Indonesia (Chevron), hari ini di Masjid Al Ikhlas, Dumai. Bantuan diserahkan oleh Team Manager PGPA Dumai, Frits Tommy Sibuea Team kepada Ketua Komunitas Pengelola air (KPA), Nasib Rifai.

“Atas nama PT Chevron Pacific Indonesia Dumai, kami berharap semoga air bersih ini dapat selalu dijaga, dirawat, dan dimanfaatkan  sebaik mungkin agar dapat  memenuhi kebutuhan air di wilayah Bukit Kapur. Kami mohon dukungan dan doa agar Chevron dapat terus beraktifitas, dan beroperasi dengan baik di Dumai sehingga dapat tetap berkontribusi bagi masyarakat sekitar dimana kami berada,” ujar Tommy.

Kegiatan ini merupakan rangkaian program “Air untuk Kehidupan” yang telah dilaksanakan Chevron di Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Rohil, Kabupaten Rohul, Kabupaten Siak, Kabupaten Kampar, dan Kecamatan Rumbai Pesisir. Hingga saat ini lebih dari 3.711 KK telah merasakan manfaat program ini.
Masyarakat menyambut positif kegiatan ini. “Alhamdulillah meski masih kemarau, sumur yang dibuat oleh Chevron dapat mengalir. Warga sangat menantikan program ini, apalagi selama ini  sumur-sumur yang dibuat warga hanya mengandalkan musim hujan,” tutur Hendra, warga Kelurahan Bukit Kayu Kapur.

Sementara itu dalam kesempatan acara serah terima program tersebut, Kepala Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum Pemerintah Kota Dumai, Rino Parlindungan Daulay menyampaikan program yang dilaksanakan oleh Chevron di Dumai merupakan bentuk partisipasi aktif perusahaan mendukung program-program pemerintah. “Program ini mendukung upaya Pemerintah Kota dalam upaya peningkatan kualitas permukiman dalam mencapai target 100-0-100,” ia menambahkan.

Communications Manager Chevron, Tiva Permata menjelaskan bahwa melalui program ini, Chevron berupaya mengembangkan sistem pengelolaan air berbasis masyarakat. “Artinya Chevron tidak hanya memberikan fasilitas pengelolaan air bersih kepada masyarakat. Tetapi juga melibatkan masyarakat dalam pengelolaan fasilitas yang telah diberikan agar dapat dimanfaatkan secara optimal,” lanjutnya.

Melalui program ini, Chevron dan Dompet Dhuafa sebagai mitra pelaksana bekerjasama dengan KPA merangkul masyarakat untuk berpartisipasi secara aktif mengelola fasilitas air bersih yang telah diberikan Chevron. Untuk jangka pendek, fasilitas air bersih ini dapat memenuhi kebutuhan air bersih warga saat musim kemarau nanti. Sedangkan untuk jangka panjang, KPA bersama masyarakat merawat fasilitas ini dengan baik agar dapat dimanfaatkan dalam kurun waktu yang panjang. (rls)

checvron

Posting Terkait