Chevron Serahkan Gedung Sekolah ke Pemkab Tanah Datar

620 views
news6015PEKANBARU (RiauInfo) – Masih dalam suasana tahun ajaran baru, hari ini Chevron (11/8) secara resmi menyerahkan bangunan baru Sekolah Dasar Negeri 06 Aie Angek, Kecamatan X Koto, Kabupaten Tanah Datar, Sumbar yang hancur akibat gempa bumi satu setengah tahun lalu kepada Pemerintah Kabupaten Tanah Datar.

Hadir dalam acara serah terima tersebut Gubernur Sumbar Gamawan Fauzi dan Bupati Tanah Datar M. Shadiq Pasadigoe, sementara dari Chevron, Manager General Affairs CPI Rasfuldi, Manager Corporate Responsibility and Community Engagement Chevron Harry Bustaman, dan Manager Policy, Government and Public Affairs Sumatra Djati Sussetya.

Bangunan sekolah yang ditunggu-tunggu peresmiannya oleh masyarakan Aie Angek tersebut terdiri dari 6 kelas, dilengkapi dengan fasilitas pendukung berupa ruang kepala sekolah, ruang guru dan perpustakaan dengan konstruksi atap baja ringan, pantry, musala dan tempat wudhu serta 4 WC murid dan 1 WC guru.

Rekonstruksi gedung sekolah yang didesain tahan gempa hingga skala tertentu itu mulai dibangun pada awal Maret 2008 dan rampung sesuai rencana, akhir Juli 2008. Pembangunan tersebut menelan biaya sekitar Rp545 juta, sesuai dengan Nota Kesepahaman antara Chevron dan Pemkab Tanah Datar.

Tidak hanya sampai di sana, Chevron juga menambah pembangunan beberapa fasilitas tambahan di luar kesepakatan tersebut, seperti perkerasan dan paving block halaman sekolah dan lapangan olahraga, jalan berikut pagar.

Dana tersebut berasal dari sumbangan karyawan PT. Chevron Pacific Indonesia (CPI) dan keluarganya, ditambah bantuan dari perusahaan (matching fund) dengan besaran sama yang bersifat non-cost recovery, ditambah lagi bantuan perusahaan yang telah disetujui BPMIGAS.

Bantuan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian perusahaan dan karyawan beserta BPMIGAS terhadap masyarakat yang tertimpa bencana gempa bumi di Sumbar. Memahami akibat gempa bagi masyarakat setempat serta akibatnya bagi sarana dan prasarana penting seperti fasilitas pendidikan, tidak hanya fisik bangunan, Chevron juga telah menyumbangkan berbagai alat peraga IPA, matematika, dan bahasa ke beberapa sekolah dasar dan sekolah menengah di Sumbar.

Sebelumnya, sehari setelah terjadinya gempa bumi di Sumbar tahun lalu, Chevron bergerak cepat memberi bantuan kemanusiaan tanggap darurat berupa paket obat-obatan, biskuit, susu kotak, air minum kemasan, sembako, selimut dan terpal kepada para korban di Kota Bukit Tinggi dan Padang Panjang, Kabupaten Agam, Tanah Datar dan Solok. Untuk mendistribusikannya, Chevron bekerjasama dengan Satkorlak setempat.

Program matching fund juga pernah diterapkan di SDN Kalongan, Sleman, D.I. Yogyakarta dan pendampingan teknis SDN 1 Bero, Klaten, Jawa Tengah yang juga hancur akibat gempa.(ad/rls)


Posting Terkait