Chevron Taja Sosialisasi Keselamatan di Kecamatan Pinggir

842 views

image

PEKANBARU (RiauInfo) — PT Chevron Pacific Indonesia (Chevron) bekerja sama dengan unsur pimpinan kecamatan (UPIKA) di Kecamatan Pinggir menyelengarakan Sosialisasi Keselamatan pada 30 Mei – 3 Juni 2016. Kegiatan tersebut  akan digelar di enam desa dan dua kelurahan yaitu Desa Tengganau, Muara Basung, Balai Pungut, Semunai, Pangkalan Libut serta Kelurahan Balai Raja dan Titian Antui.

Sosialisasi tahap pertama diadakan di Balai Desa Tengganau pada 30 Mei 2016 dengan dihadiri lebih dari 70 warga sekitar. Selain masyarakat, sosialisasi juga turut dihadiri oleh para perwakilan dari Kecamatan Pinggir, Koramil, Polsek Pinggir, aparatur Desa Tengganau dan Chevron. Dalam sosialisasi tersebut, Chevron mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk meningkatkan keselamatan dan mengenal lebih jauh tentang risiko tinggal di sekitar pipa minyak atau gas, tiang listrik tegangan tinggi serta bagaimana cara berkendara yang aman.

Warga yang hadir banyak mengajukan pertanyaan dan menyampaikan aspirasi khususnya mengenai keselamatan. Salah seorang warga, Emi, yang berdomisili di Simpang Intan, menyatakan terima kasih atas pengetahuan yang diberikan. “Saya sengaja datang ke sini karena saya mau belajar dan saya akan meneruskan pengetahuan ini ke keluarga saya,” tutur Emi saat kegiatan.

Jarak aman mendirikan bangunan di sekitar jaringan listrik tegangan tinggi adalah 41 meter dari as jalan. Sementara untuk sekitar pipa minyak dan gas, jarak aman mendirikan bangunan adalah 29 meter dari as jalan ke sisi luar pipa. Di tempat terpisah, Manager Komunikasi Chevron Prasasti Asandhimitra menjelaskan bahwa dukungan masyarakat sangat diperlukan untuk menciptakan operasi migas yang aman, andal dan ramah lingkungan dengan cara mematuhi semua peraturan yang berlaku dan arahan yang diberikan.

Lebih lanjut Prasasti menjelaskan, setiap tahun Chevron mengadakan kampanye keselamatan di sekitar wilayah operasinya dengan menyajikan berbagai materi yang disesuaikan dengan kebutuhan di masing-masing wilayah. Materi yang diberikan di antaranya tentang pengenalan industri minyak dan gas bumi, cara berkendara yang baik, bahaya kebakaran/kabut asap, bahaya arus tegangan listrik dan berbagai penyuluhan kesehatan seperti penyalahgunaan narkoba dan pencegahan HIV/AIDS.

Posting Terkait