Chevron Tingkatkan Kualitas Kesehatan 3.711 Kepala Keluarga di Empat Kabupaten Provinsi Riau

708 views

Fakhri Zein Senior Government Relation Specialist menyerahkan bantuan

PEKANBARU (RiauInfo) — 3.711 kepala keluarga (KK) di Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Rohil, Kabupaten Rohul, Kabupaten Siak, Kabupaten Kampar, dan Kecamatan Rumbai Pesisir telah mendapatkan bantuan fasilitas air bersih dari PT Chevron Pacific Indonesia (Chevron). Hari ini serah terima bantuan dilakukan oleh Fakhri Zein, Sr. Government Relation Specialist kepada Mulyadi, Ketua Komunitas Pengelola Air, di Kantor Desa Sontang, Kec Bonai Darussalam. Kegiatan yang bertema “Air untuk Kehidupan” ini merupakan salah satu upaya Chevron untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat yang berada di sekitar wilayah operasinya.

Dr. Sozanolo Zega, Chief Medical Officer Sumatera Operations menjelaskan bahwa air bersih memegang peran penting dalam kehidupan manusia. Dari segi kesehatan, kekurangan air bersih dapat berpengaruh terhadap kesehatan manusia contohnya infeksi kulit, mata dan telinga yang disebabkan oleh kuman. “Jika dikonsumsi, air yang tidak higienis dapat mengakibatkan kematian, seperti tifus, hepatitis A (penyakit kuning), dan kolera,” lanjutnya.
“Terima kasih atas kepedulian Chevron kepada masyarakat di Desa Sontang, dengan bantuan ini kami dapat memenuhi kebutuhan akan air bersih untuk masak, mandi, mencuci dan lain-lain,” ujar Zulfahrianto, Penghulu Sontang. “Saya menghimbau masyarakat, menjaga dan memelihara fasilitas air bersih yang telah diberikan Chevron, agar dapat digunakan untuk jangka waktu yang lama,” lanjutnya.

Program ini terselenggara atas kerjasama Chevron, Dompet Dhuafa sebagai mitra pelaksana dan Kelompok Komunitas Pengelola Air (KKPA). Dalam program ini, KKPA memberikan pendampingan kepada masyarakat untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menjaga dan memelihara lingkungan termasuk sumber air.

Sejak awal tahun 2016, Chevron sudah melaksanakan program penyediaan fasilitas air bersih di 10 lokasi  antara lain Kecamatan Pinggir Kabupaten Bengkalis, Kepenghuluan Sungai Rangau, Kepenghuluan Pematang Ibul, Kepenghuluan Bangko Bakti, Kepenghuluan Bangko Permata Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), wilayah Sontang Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Desa Pinang Sebatang Barat dan Desa Minas Timur Kabupaten Siak, Desa Sukaramai Kabupaten Kampar dan Lembah Damai Kecamatan Rumbai Pesisir. Dalam waktu dekat, Chevron berencana melaksanakan program yang sama di Kota Dumai. (rls)

 

chevron

Posting Terkait